Raibnya KRI Nanggala 402 Jadi Sorotan Media Asing

Internasional  KAMIS, 22 APRIL 2021 , 01:49:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Raibnya KRI Nanggala 402 Jadi Sorotan Media Asing

KRI Nanggala-402 seberat 1.395 ton dibuat di Jerman pada tahun 1978, dan menjalani dua tahun reparasi di Korea Selatan yang selesai pada tahun 2012/Ist

RMOLBANTEN Media-media internasional turut menyoroti hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402 di Bali.

KRI Nanggala 402 diketahui tengah ikut serta dalam latihan di wilayah perairan Bali utara saat tiba-tiba saja gagal menyampaikan hasil latihan seperti yang diharapkan.

Keterangan Kementerian Pertahanan RI, terdapat total 53 orang di dalam kapal selam tersebut yang terdiri dari 49 awak kapal, satu komandan kapal dan tiga spesialis senjata.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto memastikan bahwa pencarian terus dilakukan. Dia menambahkan bahwa kontak dengan kapal itu hilang pada pukul 4.30 pagi pada hari Rabu. Sejumlah negara pun sudah menawarkan bantuan untuk pencarian, termasuk Singapura, Australia dan India.

Kabar ini tidak luput dari perhatian media internasional.

Reuters
memuat kabar mengenai hal tersebut dengan judul "Indonesian navy searching for missing submarine with 53 on board; oil spill found near dive position".

Mengutip Reuters, KRI Nanggala-402 seberat 1.395 ton dibuat di Jerman pada tahun 1978, dan menjalani dua tahun reparasi di Korea Selatan yang selesai pada tahun 2012.

BBC mengangkat judul "Indonesian submarine goes missing north of Bali". Sedangkan CNN mengangkat judul "Indonesian Navy searches for missing submarine with 53 people on board".

"Indonesia telah berusaha untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya, tetapi beberapa peralatannya yang masih digunakan sudah tua dan telah terjadi kecelakaan mematikan yang melibatkan pesawat angkut militer yang sudah tua dalam beberapa tahun terakhir," begitu kutipan kabar yang dimuat CNN. [dzk]



Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds