Masa Pengetatan Mudik, Banyak Penumpang Bus Tak Bawa Surat Bebas Covid-19

Daerah  KAMIS, 29 APRIL 2021 , 21:59:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Masa Pengetatan Mudik, Banyak Penumpang Bus Tak Bawa Surat Bebas Covid-19

Kepala UPT Prasarana Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Heri Setiawan/AUL

RMOLBANTEN. Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 mengenai adanya pengetatan pelaku perjalanan transportasi sebelum benar-benar diterapkannya peniadaan mudik pada 6 - 17 Mei 2021 mendatang.

Pengetatan tersebut diantaranya adalah para calon penumpang moda Transportasi baik darat, laut, dan udara harus menyertakan surat bebas Covid-19 dengan metode Rapid Test Antigen, PCR Test, atau GeNose dengan masa berlaku 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Namun, nyatanya banyak ditemukan penumpang yang hendak mudik, tidak menyertakan surat keterangan bebas Covid-19 di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang saat dilakukan inspeksi mendadak (sidak).

"Dalam pengecekan pergerakan penumpang ini, masih banyak yang belum bawa, dan ini masih fase pertama yang mana akan kita screening dan imbau untuk menyertakan surat keterangan itu," ujar Kepala UPT Prasarana Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Heri Setiawan, Kamis (29/4).

Dalam sidak tersebut, pihaknya pun melakukan sosialisasi kepada penumpang maupun supir bus mengenai adanya penghentian operasional seluruh Terminal di Kota Tangerang pada 6 - 17 Mei 2021 mendatang.

"Lalu, kita juga imbau dan memberikan penegasan bila pada fase peniadaan nanti, setiap orang betul-betul dilarang melakukan perjalanan mudik, begitu juga dengan PO bus, yang tidak boleh melakukan angkut penumpang," katanya.

Sementara, Kepala Terminal Poris Plawad, Alwien mengatakan, untuk kondisi pergerakan penumpang hingga saat ini masih statis atau normal.

"Masih statis, tidak ada peningkatan. Dimana per hari ada 400 hingga 500 pergerakan penumpang dengan 120 sampai 130 pergerakan bus atau kendaraan," pungkasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds