DLH Kota Serang Klaim Kualitas Udara Masih Hijau

Daerah  SELASA, 04 MEI 2021 , 18:48:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

DLH Kota Serang Klaim Kualitas Udara Masih Hijau

Kasi Pencemaran Lingkungan pada DLH Kota Serang, Murtafiah/HEN

RMOLBANTEN. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang mengklaim kualitas udara di Kota Serang masih hijau atau aman.

Hal tersebut diketahui dari hasil deteksi alat AQMS atau sistem pemantau kualitas udara yang terpasang di Halaman Kantor Disdukcapil, Ciceri, Kota Serang.

Kasi Pencemaran Lingkungan pada DLH Kota Serang, Murtafiah mengatakan sampai saat ini kualitas udara di Kota Serang masih hijau atau aman,.

"Sampai saat ini kualitas udara di kota Serang masih terkendali, masih hijau," katanya, Selasa (4/5).

Dia menjelaskan, terdapat beberapa indikator hingga suatu daerah dianggap hijau udaranya. Pertama jumlah partikel gas yang ada di udara dan dapat terdeteksi oleh alat AQMS.

"Ada batas mutu, jadi senyawa kimia yang ada di udara harus dibawah standar. Standarnya berbeda setiap senyawa, misal karbon 100. Kalau karbon dibawah 100 ya masih dianggap aman," terangnya.

Indikator kedua, lanjutnya, Kota Serang bukan kota industri dan tidak banyak asap pembuangan dari pabrik. Kemudian, hasil pembakaran pada kendaraan jenis solar dan tidak dirawat dengan baik maka dapat menyumbang polusi udara.

"Meskipun volume kendaraan tinggi tapi pergantian olinya berkala yah akan nyumbang sedikit. Tapi kalau sudah solar jarang dirawat itu bisa nyumbang polusi udara yang banyak. Kota Serang belum signifikan peningkatan polusi udaranya. Setiap tahun juga kita ada uji coba polusi kendaraan," katanya.

Sementara untuk menjaga agar kualitas udara di Kota Serang tetap hijau, pihaknya turut berupaya melakukan penghijauan di Kota Serang. Seperti menanam tanaman pada pembatas jalan, taman, atau alun-alun.

"Minta ke dinas terkait juga yah, awasi kalau ada pembangunan jangan lupa ruang hijaunya," ujarnya. [ars]

Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds