540 Ribu Warga Tangsel Diprediksi Mudik, Benyamin Fokus Penanganan Pasca Lebaran

Daerah  MINGGU, 09 MEI 2021 , 11:00:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

540 Ribu Warga Tangsel Diprediksi Mudik, Benyamin Fokus Penanganan Pasca Lebaran

Walikota Tangsel,Benyamin Davnie/LAN

RMOLBANTEN Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel memprediksi dari jumlah penduduk Tangsel atau 1,8 juta, 30 persennya atau sekitar 540 ribu warga melakukan perjalanan mudik ke luar daerah dalam rangka lebaran Idul Fitri 1442 H.

Walikota Tangsel Benyamin Davnie yang baru terpilih ini akan lebih fokus perhatiannya pasca lebaran guna mewaspadai para pendatang yang masuk ke Tangsel.

"Makanya ketika saya ditanya soal SIKM segala macam, kita bukan daerah tujuan mudik. Justru, kita banyak masyarakat yang keluar. Makanya, kami fokus pada bagaimana nanti pasca lebaran, minimal 3 hari pasca setelah lebaran atau maksimal 10 hari setelah lebaran. Karena kurang lebih 30 persen dari penduduk Tangsel yang keluar kota. Sampai saat ini belum ada angka pastsinya, masih bergerak," kata Benyamin di Balai Kota Tangsel, Jumat (7/5).

Benyamin akan menginstruksikan jajaran Satgas tingkat kelurahan, RT, RW dan Kecamatan hingga tenaga kesehatan untuk bersiaga, jika para pendatang atau pemudik yang kembali ke Tangsel mengalami gejala Covid-19.

"Yang pertama adalah kami aktivasi satgas-satgas di tingkat bawah, di tingkat kelurahan RT/RW. Yang kedua saya sudah minta nanti PKM atau Puskemas kita untuk standby, kalau perlu 24 jam sejak hari pertama setelah lebaran untuk mengantisipasi apabila terjadi kasus-kasus bawaan dari luar daerah," paparnya.

"Kalau ada gejala langsung ke puskesmas saja. Nanti, Rumah Lawan Covid juga kami siagakan kok," tambah Benyamin.

Benyamin juga berharap, kepada pendatang atau pemudik yang kembali ke Tangsel agar melakukan swab test terlebih dahulu.

"Saya berharap, saya minta di swab dulu deh sebelum pulang dari kampung halamannya. Mereka swab dulu sebelum pulang kesini untuk memastikan bahwa tidak ada virus yang dibawa," demikian Benyamin. [ars]




Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds