Basarnas Banten Siaga, Terjunkan Puluhan Personil Di Tempat Wisata

Pariwisata & Budaya  RABU, 12 MEI 2021 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

Basarnas Banten Siaga, Terjunkan Puluhan Personil Di Tempat Wisata

Kepala Kantor SAR Basarnas Banten, Zaenal Arifin/JEN

RMOLBANTEN. Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Banten menerjunkan puluhan personil dalam pelaksanaan sigana khusus saat libur lebaran 2021 guna menjaga objek-objek wisata di Wilayah Banten.

Kepala Kantor SAR Basarnas Banten, Zaenal Arifin mengatakan, meski secara nasional larangan mudik diberlakukan untuk semua masyarakat, namun tetap saja potensi wisatawan lokal untuk memadati objek-objek wisata sangat terbuka sehingga perlu antisipasi dini.

"Untuk total personil Basarnas yang lepaskan dalam kesiagaan khusus tahun ini ada 52 orang baik di kantor SAE maupun di ABK (anak buah kapal) untuk bergerak," ujar Zaenal kepada wartartawan di Kota Serang, Rabu (12/5).

Zaenal menyebut, Pelaksanaan kegiatan siaga khusus serentak secara nasional sudah dilakukan sejak 6 sampai  24 Mei 2021, namun untuk objek wisata lokal dilakukan selama tiga hari saat libur lebaran.

"Untuk wisata mungkin kita akan fokus di hari libur yang tiga hari dari tanggal 14,15, dan 16 Mei 2021, kita akan fokus kesana," katanya.

Zaenal menerangkan, pemantauan dipusatkan dengan menggerakan alur laut seperti di alur penyebrangan Merak Bakauhuni.

Selain itu, dikerahkan pula KN Sar Drupada di Banten berkolaborasi dengan knsar Basudewa Lampung dalam rangka memaksimalkan kesiagaan khusus di Laut.

"Kemudian untuk pergerakan anggota laut lainnya nanti mungkin kita atur selang-seling menggunakan rit yang ada baik milik Banten dan milik Lampung," jelasnya.

Sementara untuk sebaran khusus daerah wisata  akan dikonsentrat di beberapa titik baik yang ada di Selatan maupun Barat.

"Nah Selatan ini akan bertugas dari unit siaga lebak yang ada di Malingping, kemudian yang di Pandeglang ini unit siaga Pandeglang akan akan posisi di pantai carita sampai tanjung lesung ," ungkap Zaenal.

kemudian untuk dari kantor SAR Banten akan fokus melakukan pengawasan di tempat wisata Anyer hingga Merak

"Potensi unit siaga merak-nya ada potensi wisatanya di pulau Merak besar dan kecil ini juga kita siagakan," katanya.

Zaenal memastikan seluruh objek wisata di Banten jadi skala prioritas pengamanan karena berkaca pada tahun lalu sering terjadi kecelakaan wisata.

"Yang jelas kalau untuk prioritas hampir semua wilayah kita waspadai, memang ada beberapa kejadian di sekitar Anyer tapi di Selatan juga sering kejadian. Artinya ini perlu kewaspadaan dari tim yang melaksanakan siaga," terangnya.

Terakhir, Zaenal mengingatkan seluruh wisatawan beserta pengeloola wisata untuk memperketat penerapan protokol kesehatan guna menghindari klaster wisata.

Dikatakan Zainal, jajaran petugas sendiri selama bertugas melakukan pengamanan akan mematuhi protokol kesehatan sesuai standar Covid-19. "Protokol kesehatan ini adalah salah satu ketentuan yang memang wajib dan pasti harus kita laksanakan," ucapya.

"Kami yang melaksanakan kesiagaan khusus pun ini dituntut untuk bisa melaksanakan protokol kesehatan yang dulu kita kenal 3 M sekarang ditambah menjadi 5 M dan ini kita upayakan untuk dilaksanakan," pungkasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds