WH Putuskan Buka Kembali Destinasi Wisata Di Zona Hijau dan Kuning Covid-19

Pariwisata & Budaya  MINGGU, 23 MEI 2021 , 21:02:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

WH Putuskan Buka Kembali Destinasi Wisata Di Zona Hijau dan Kuning Covid-19

Gubernur Banten Wahidin Halim/DOK

RMOLBANTEN. Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) memutuskan untuk membuka kembali destinasi wisata di Zona Hijau dan Kuning Covid-19.

Keputusan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 11 Tahun 2021 tentang Revisi Instruksi Gubernur Nomor 556/901-DISPAR/2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021.

Dalam keputusan itu, Gubernur WH menginstruksikan Bupati dan Walikota se-Provinsi Banten untuk menerbitkan Instruksi Bupati/Walikota mengenai langkah-langkah dalam menyikapi keberadaan destinasi wisata di wilayahnya.

"Bupati dan Walikota harus melakukan monitoring terhadap destinasi wisata yang dibuka dalam zona hijau dan kuning untuk umum di masing-masing wilayah Kabupaten dan Kota,"  ujar WH dalam keterangan tertulis kepada awak media, Minggu (23/5).

Mantan Walikota Tangerang itu menekankan wisatawan dan pengelola wisata agar patuh melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

"Bupati dan Walikota untuk melaporkan pelaksanaan efektifitas pengaturan destinasi wisata yang menerapkan protokol kesehatan ditingkat Kabupaten dan Kota  atau Satgas Covid-19 ditingkat Provinsi," ungkapnya.

WH mengingatkan pembukaan destinasi wisata hanya diberlakukan bagi wilayah berada di zona hijau dan Kuning.

"Untuk wilayah zona merah dan zona Oranye destinasi wisata masih ditutup," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur WH memutuskan untuk menutup sementara destinasi wisata se-Provinsi Banten hingga 30 Mei 2021.

Keputusan itu tertuang dalam Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 556/901-Dispar/2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 di Provinsi Banten.

Dalam Ingub yang ditandatangani WH pada 15 Mei 2021 itu disebutkan, bahwa berdasarkan hasil monitoring terhadap kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten dan Kota se-Banten dua hari setelah lebaran kunjungan wisatawan berpotensi menimbulkan kerawanan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah destinasi wisata. [ars]


Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds