Depan Prabowo, Megawati: Peresmian Patung Kuda Bung Karno Sangat Istimewa

Politik  MINGGU, 06 JUNI 2021 , 15:48:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Depan Prabowo, Megawati: Peresmian Patung Kuda Bung Karno Sangat Istimewa

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Menhan Prabowo Subianto saat meresmikan Patung Kuda Bung Karno/Ist

RMOLBANTEN Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri berterima kasih atas diresmikannya Patung Kuda Bung di lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu pagi (6/6).

Peresmian sendiri langsung dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sebelum meresmikan patung Bung Karno, Megawati Soekarnoputri berbicara sebagai presiden RI Kelima sekaligus mewakili keluarga besar Bung Karno.

Megawati mengawali dengan ucapan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Prabowo.

"Menteri Pertahanan dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini," kata Megawati.

Menurut Megawati, peresmian ini sangat spesial. Karena harinya kebetulan bertepatan dengan peringatan hari lahir Bung Karno yang ke - 120.

"Jadi sungguh menurut kami keluarga, sangat istimewa," imbuh Megawati.

Menurut Megawati, momentum ini tak hanya mengingatkan kepada seluruh perjuangan Putra Sang Fajar tersebut, seluruh perjuangan dan cita-citanya bagi NKRI.

Megawati  menjelaskan banyak capaian yang dilakukan sang ayahanda saat memimpin republik dari awal kelahirannya, yang diakui dunia.

Semisal peran kunci Bung Karno pada Konferensi Asia - Afrika tahun 1955, yang kini diakui PBB sebagai sebuah heritage of the world.

"Sehingga sebagai bangsa Indonesia, sebenarnya kita seharusnya bangga bahwa sebuah konferensi yang mungkin tidak akan ada lagi mengenai Asia-Afrika itu menjadi milik dunia," kata Megawati.

Belum lagi kata Megawati, ada Gerakan Non-Blok, Conference of the New Emerging Forces, hingga Konferensi anti pangkalan militer asing. Pada waktu itu, sebenarnya sedang direncanakan juga konferensi tri kontinental tiga benua.

"Peresmian patung Bung Karno tersebut menjadikan seluruh api sejarah perjuangan bangsa bergelora kembali dan bagi kita menjadikan sebuah api semangat yang tak kunjung padam sebagai energi perjuangan untuk membawa bangsa ini semakin berdaulat semakin maju dalam seluruh aspek kehidupan namun tetap kokoh pada karakter dan budaya bangsa," tutur Megawati.

"Atas nama seluruh keluarga besar Bung Karno, sekali lagi saya ingin mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas kehormatan yang menurut saya sangat luar biasa ini," pungkas Megawati.

Dalam peresmian itu, selain disaksikan Ketum PDIP, hadir pula kepala Situation Room PDIP, Prananda Prabowo, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Ada juga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Hukum dan HAM Yasonna F. Laoly, dan Wakil Ketua Komisi I dari PDI Perjuangan Utut Adianto.

Terlihat juga KSAD Jenderal Andhika Perkasa, KSAL Laksmana Madya Ahmadi Heri, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra. Sementara jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) dipimpin langsung oleh Menhan Prabowo Subianto.

Sejumlah pejabat negara yang hadir diantaranya adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan, serta para wakil kepala staf angkatan. [dzk]



Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds