Gandeng Bjb, DPMD Kabupaten Serang Kembangkan Bumdes Dengan Warung Desa

Advertorial  RABU, 09 JUNI 2021 , 19:12:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Gandeng Bjb, DPMD Kabupaten Serang Kembangkan Bumdes Dengan Warung Desa

Kepala DPMD Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto/HEN

RMOLBANTEN. Meski sudah banyak Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Serang yang sudah berkembang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang terus berupaya lebih meningkatkan potensi Bumdes.

Salah satu cara yang dilakukan di tahun ini adalah menggandeng Bank Jabar Banten (Bjb) dalam melaksanakan program 'Warung Desa Bjb Bisa' di bumdes-bumdes di Kabupaten Serang

Kepala DPMD Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto mengatakan, program itu untuk mendorong bumdes di Kabupaten Serang supaya lebih berkembang unit usahanya.

"Kita sih menginginkannya setiap kecamatan ada satu, jadi 29 Bumdes, tapi dari Bjb baru sanggup 20, jadi bertahap," ucapnya saat ditemui di ruangannya, Kantor DPMD Kabupaten Serang, Selasa (7/6).

Rudy menjelaskan, 'Warung Desa Bjb Bisa' ini bukan seperti warung-warung yang menjual sembako dan lain sebagainya, tetapi menyediakan seperti Perbankan kecil.

"Jadi nanti layanan yang diberikan di Serang bisa dilayani di warung desa ini, kaya masyarakat ingin bayar Pajak Bumi Bangunan (PBB), itu gak perlu ke Kantor Cabang yang di Serang lagi," katanya.

"Misalnya kita punya ATM Bjb ambil uangnya bisa di situ, tapi karena lingkupnya kecil jadi paling bisa maksimal Rp1 juta," ucapnya.

Rudy menambahkan, saat ini masih tahapan persiapan, pihaknya tengah menginventarisir desa mana saja yang mempunya kemampuan untuk merealisasikan program itu, dan sudah ada 11 bumdes yang sudah didata, tinggal 9 lagi.

"Jika pihak Bjb sudah siap, kemudian Bumdes-bumdes juga sudah siap, nanti kita trail selama satu bulan, baru kita launching," ujarnya.

Harapannya dengan adanya kerjasama tersebut, sambungnya, mendorong adanya penambahan pendapatan asli desa, kemudian karena itu ada layanan PBB maka diharapkan dapat menggenjot PAD Kabupaten Serang.

"Selanjutnya diharapkan masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, karena sekarang serba elektronik dan uangnya virtual," harapnya. [ars]

Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds