Ruas Jalan Di Kabupaten Serang Hampir 100 Persen Mulus

Advertorial  JUM'AT, 11 JUNI 2021 , 10:58:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Ruas Jalan Di Kabupaten Serang Hampir 100 Persen Mulus

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Serang, Okeu Oktaviana/HEN

RMOLBANTEN. Pembangunan bidang infrastruktur seperti jalan merupakan salah satu fokus perhatian Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa dalam memimpin Kabupaten Serang, terbukti jalan-jalan kewenangan Kabupaten Serang dalam kondisi mantap hampir rampung.

Sesuai arahan Bupati, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Serang dibawah kendali Kepala Dinas Okeu Oktaviana dan Sekretaris M Hanafiah berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan kewenangan Kabupaten Serang menjadi kondisi jalan mantap.

"Tujuannya untuk memperlancar aksesibilitas masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Serang," ucap Kepala DPUPR Kabupaten Serang Okeu Oktaviana, Kamis, (10/6).

Pembangunan jalan menjadi kewenangan Pemkab Serang saat ini sudah hampir rampung. Kondisi jalan kewenangan kabupaten sampai akhir 2020 sepanjang 504,78 km atau 84,21 persen dari total panjang jalan 601,13 kilometer.

Artinya, jalan yang belum mantap sepanjang 96,35 km atau 15,79 persen. Jika kegiatan peningkatan jalan secara multiyear selesai pada 2021, maka panjang jalan mantap mencapai 560,8 kilometer atau tersisa 40,33 kilometer yang belum mantap.

"Dari ruas jalan kabupaten sepanjang 601,13 kilometer, saat ini tersisa 20 kilometer jalan yang belum mantap dan segera dituntaskan. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk menuntaskan persoalan infrastruktur jalan di Kabupaten Serang meskipun saat ini di tengah kondisi pandemi Covid-19," ujarnya.

Okeu menegaskan, pembangunan infrastruktur jalan tidak akan berhenti. Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, jalan Kabupaten Serang awalnya ditarget rampung tahun ini. Namun, akibat adanya pandemi Covid-19 pada 2020, pembangunan jalan terpaksa ditunda karena anggaran di-refocusing (dialihkan) untuk penanganan Covid-19.

Kendati demikian, ditegaskan Okeu, pihaknya akan menuntaskan sisa jalan kabupaten yang rusak sepanjang 20 kilometer dibangun tahun depan. Anggaran pembangunan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemprov Banten.

"Jadi, sisanya 20 kilometer lagi akan kita tuntaskan tahun depan," tegas Okeu.

Tidak hanya berencana menuntaskan pembangunan jalan kewenangan kabupaten, Dinas PUPR Kabupaten Serang tahun ini juga meningkatkan status jalan desa menjadi jalan kabupaten sepanjang 400 kilometer. Jalan desa yang statusnya ditingkatkan nanti akan diperbaiki setelah 601 kilometer jalan kewenangan kabupaten tuntas.

"Peningkatan status jalan desa menjadi jalan kabupaten akan kita programkan secara bertahap. Jalan yang 400 kilometer saat ini yang naik status belum kita sentuh. Kita sedang fokus menyelesaikan yang 601 kilometer," tutup Okeu. [ars]

Komentar Pembaca
Irna-Tanto Dan Benyamin-Pilar Resmi Kepala Daerah
Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kebangkitan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

SABTU, 29 MEI 2021 , 01:14:00

Penampakan Gerhana Bulan Total

Penampakan Gerhana Bulan Total

KAMIS, 27 MEI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds