Guru Besar, Solusi Permasalahan Dunia Pendidikan Nasional

Pendidikan  SELASA, 15 JUNI 2021 , 13:55:00 WIB | LAPORAN: TANGGUH

Guru Besar, Solusi Permasalahan Dunia Pendidikan Nasional

Pengukuhan Guru Besar UNJ/Net

RMOLBANTEN  Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Komarudin menilai guru besar dapat meningkatkan prestasi dan reputasi UNJ. Baik di tingkat nasional maupun kawasan Asia.

"Guru besar UNJ ini menjadi modal bagi UNJ untuk berprestasi dan unggul dalam berbagai aspek Tridharma Perguruan Tinggi," ujar Komarudin, dalam keterangannya, pada Selasa (15/6).

Menurut Komarudin, guru besar harus memberikan solusi permasalahan dunia pendidikan di Indonesia. "Solusi yang ditawarkan para guru besar UNJ, semoga dunia pendidikan di Indonesia lebih baik lagi dan maju," imbuhnya.

UNJ menyelenggarakan Pengukuhan Guru Besar Tetap di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNJ selama dua hari, yaitu tanggal 15 Juni 2021 dan 16 Juni 2021.

Acara pelantikan guru besar itu masih dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) .

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika Kampus A dengan peserta terbatas serta protokol kesehatan yang ketat.

Sedangkan secara daring melalui siaran langsung pada kanal Youtube Edura TV UNJ dan aplikasi Zoom.

Pada rangkaian hari pertama, Selasa, 15 Juni 2021, tiga Guru besar yang dilantik masing-masing adalah:

1) Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd dalam bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling;

2) Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd dalam bidang Ilmu Pendidikan Dasar;

3) Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.

Sementara itu pada rangkaian hari kedua, Rabu, 16 Juni 2021, Guru Besar yang dilantik adalah Prof. Dr. Durotul Yatimah, M.Pd dalam bidang ilmu Pendidikan Masyarakat dan Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan.

Prof. Dr Awaluddin Tjalla, M.Pd adalah dosen pada program studi Bimbingan dan Konseling FIP UNJ.

Dalam orasi ilmiahnya, ia menekankan pentingnya peran para guru BK dalam penguatan karakter peserta didik dalam menghadapi Abad 21.

Sementara itu, Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd menyampaikan orasi ilmiah dengan tema transformasi pembelajaran IPS SD dengan pemanfaatan teknologi digital menyongsong era revolusi industri 4.0”. Pengukuhan guru besar di hari pertama ditutup oleh Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd dengan membawakan orasi ilmiahnya dengan tema Model Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Awal SD”.

Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd dan Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd, merupakan dosen di Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar FIP UNJ.

Sementara itu pada rangkaian hari kedua, Rabu, 16 Juni 2021, dua Guru besar yang dilantik masing-masing adalah:

1)  Prof. Dr. Durotul Yatimah, M.Pd, yang merupakan dosen pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FIP UNJ, dengan orasi ilmiahnya mengenai Strategi Keluarga sebagai Garda Terdepan Dalam Proses Pendidikan Literasi Digital”.

2) Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd yang merupakan dosen pada Program Studi Manajemen Pendidikan FIP UNJ. Orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd, yaitu mengenai Membangun Profesionalisme Tenaga Administrasi Sekolah Menuju Sekolah Efektif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Perspektif Manajemen Pendidikan”.

Pada kesempatan ini, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para guru besar yang telah dilantik.

Rektor UNJ berharap para guru besar tersebut dapat semakin memberikan kontribusi akademis bagi dunia pendidikan di Indonesia dan meningkatkan kualitas pengajaran pendidikan tinggi di Universitas Negeri Jakarta.

Acara pengukuhan Guru Besar FIP UNJ ini dihadiri baik secara luring dan daring oleh para Ketua Lembaga, Para Dekan di lingkungan UNJ, Direktur Pascasarjana dan para pejabat lainnya di lingkungan UNJ serta segenap mahasiswa dan alumni UNJ dari seluruh Indonesia dan internasional. [tsr]

Komentar Pembaca
Prabowo Serahkan
Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

MINGGU, 27 JUNI 2021 , 01:30:00

De Oranje Angkat Koper

De Oranje Angkat Koper

SENIN, 28 JUNI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds