Hari Pertama PPDB SMA Server Down, Dindikbud Banten Beri Alasan Klasik

Pendidikan  SENIN, 21 JUNI 2021 , 19:36:00 WIB | LAPORAN: JEJEN MUHAMAD

Hari Pertama PPDB SMA Server Down, Dindikbud Banten Beri Alasan Klasik

Ilustrasi PPDB Online/NET

RMOLBANTEN. Server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Provinsi Banten hari pertama dikabarkan sempat down imbas traffic pengunjung yang melakukan pendaftaran cukup tinggi.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dindikbud (Dindikbud) Provinsi Banten Taqwim membenarkan di hari pertama pendaftaran PPDB online ini memang servernya sempat terjadi stage atau down karena pengunjung yang begitu membludak di waktu yang bersamaan.

"Tadi sempat down beberapa saat dari pukul 07.00-11.00 WIB," katanya saat dikonfirmasi, Senin (21/6).

Usai diperbaiki, dikatakan Taqwim, servernya sudah bisa kembali berjalan meskipun belum normal seperti biasa, mengingat pengunjungnya yang cukup tinggi.

"Kalau setelah Subuh tadi sampai sebelum pukul 07.00 itu masih berjalan dengan normal, meskipun ada sekitar 1.000 pengunjung yang masuk," katanya.

Taqwim menjelaskan, penyebabnya akibat jumlah pengunjung yang berasal dari luar daerah mulai dari Jakarta, Bogor, hingga Depok cukup tinggi di hari pertama tersebut.

"Sudah mah masyarakat kita banyak yang melakukan pendaftaran di waktu yang sama, ditambah lagi dengan pengunjung dari luar daerah," ungkapnya.

Sejauh ini, Taqwim mengakui, pihaknya sedang melakukan analisa bersama tim teknis PPDB terkait truble yang sempat terjadi, sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan PPDB selanjutnya.

"Karena kami sudah menyediakan delapan server, kalau masih terjadi truble kemungkinan akan kami tambah bandwidth-nya agar lebih besar lagi," ucapnya.

Taqwim mengimbau kepada masyarakat agar tetap bersabar dan tidak langsung datang ke sekolah ketika terjadi truble, karena akan terjadi kerumunan yang berpotensi menjadi klaster baru penyebaran virus Covid-19.

"Percayalah, kami akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam tempo waktu yang sudah ditentukan ini, tinggal masyarakatnya untuk bersabar," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Prabowo Serahkan
Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

MINGGU, 27 JUNI 2021 , 01:30:00

De Oranje Angkat Koper

De Oranje Angkat Koper

SENIN, 28 JUNI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds