Ibu Hamil Lebih Rentan Terpapar Covid-19

Advertorial  RABU, 30 JUNI 2021 , 09:24:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Ibu Hamil Lebih Rentan Terpapar Covid-19

Dokter Spesialis Kandungan RSU Kota Tangsel, Agus Heriyanto, SP.OG/ARS

RMOLBANTEN. Pandemi Covid-19 tak membuat sebagian pasangan menunda kehamilan untuk memiliki anak. Kendati, virus corona berdasar sejumlah penelitian mendatangkan risiko bagi ibu hamil.

Itu sebabnya pasangan yang hamil pada masa pandemi ini harus tetap menjaga kehamilan dengan memastikan kesehatan diri dan janin.

Demikian disampaikan Dokter Spesialis Kandungan RSU Kota Tangsel, Agus Heriyanto, SP.OG saat webinar kesehatan bertema Pandemi dan Hamilku, Senin, (28/6).  

"Ibu hamil perlu waspada terhadap virus corona lantaran berisiko mendatangkan gejala yang berat dibandingkan perempuan yang tidak hamil," katanya.

Menurut Agus kehamilan merupakan faktor pemberat atau komorbid. Artinya kehamilan setara dengan lansia, diabetes, dan hipertensi. Ini berarti, dampak Covid-19 pada ibu hamil sama dengan dampaknya pada lansia dan orang yang memiliki penyakit kronis lainnya.

"Harus tetap dijaga selama kehamilan. Tetap terapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Kata Agus banyak langkah dan cara menjaga kehamilan di tengah pandemi Covid-19. Di antaranya, kontrol kehamilan, menjalani protokol kesehatan, memastikan nutrisi kehamilan serta olahraga.

"Untuk kontrol kehamilan bisa dengan telekonferensi atau mengirimkan pesan melalui aplikasi untuk menghindari tatap muka," ucapnya.

Agus menyarankan ibu hamil harus selalu menjalani protokol kesehatan untuk mencegah infeksi Covid-19. Selalu gunakan masker dan juga face shield sebagai perlindungan tambahan jika harus keluar rumah. Selalu jaga jarak dengan orang lain dan rutin mencuci tangan dengan air dan sabun.

"Hindari keluar rumah dan jauhi kerumunan maupun keramaian. Nutrisi yang baik juga dapat menjaga daya tahan tubuh," tegasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Prabowo Serahkan
Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

MINGGU, 27 JUNI 2021 , 01:30:00

De Oranje Angkat Koper

De Oranje Angkat Koper

SENIN, 28 JUNI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds