BPBD Kabupaten Serang Libatkan Masyarakat Pada Penanganan Dan Penanggulangan Bencana

Daerah  SENIN, 05 JULI 2021 , 21:01:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

BPBD Kabupaten Serang Libatkan Masyarakat Pada Penanganan Dan Penanggulangan Bencana

Sosialisasi penanganan bencana BPBD Kabupaten Serang beberapa waktu lalu/IST

RMOLBANTEN. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mempunyai cara efektif untuk mengoptimalkan penanganan bencana dan meminimalisasi dampak bencana.

"Mulai dari penyediaan sarana prasarana yang cukup, pendekatan akses kepada masyarakat, serta menerapkan sistem komunikasi dan informasi tentang kebencanaan yang terintegrasi," ucap Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma.

Selain itu, tambah Nana, BPBD Kabupaten Serang juga sudah melakukan kegiatan pelatihan manajemen organisasi Kelompok Masyarakat Siaga Bencana (KMSB) yang melibatkan masyarakat di 15 kecamatan.

"Tidak hanya itu, BPBD juga sudah menbentuk desa tanggap dan tangguh bencana di beberapa desa dimana masyarakatnya sudah memahami yang harus dilakukan saat terjadi bencana," ungkapnya.

Nana mengungkapkan, ada penanganan kebencanaan yang menjadi fokus BPBD, yakni penanggulangan bencana dan kedaruratan, serta penyelamatan kebakaran dan non kebakaran. Kemudian, penataan sistem dasar kebencanaan, termasuk bagaimana mengantisipasi terjadinya bencana dan memberikan pertolongan pertama saat bencana.

"Peran masyarakat dalam menanggulangi bencana sangat besar. Untuk itu, dalam menangani bencana kita senantiasa melibatkan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi di daerahnya masing-masing," tambah Nana.

Ditegaskan Nana, ada pun standar operasional prosedur (SOP) dalam penanganan bencana yakni, semua personil BPBD bergegas menuju lapangan untuk mendengarkan komando dan arahan, Kemudian menginformasikan jika telah terjadi bencana tsunami di wilayah Kabupaten Serang dan meminta semua personil bergerak.

"Setelah komando diberikan, semua personil langsung melakukan tugasnya sesuai tupoksi masing-masing. Seperti personil Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) melakukan monitoring di lapangan mengendalikan operasi," terangnya.

Selanjutnya, personil bagian Data dan Informasi (Datin) bertugas mencari data, lalu Personil Media Center melakukan pencarian data, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan pencarian korban. Terakhir melakukan penghitungan cepat secara setentak oleh seluruh personil BPBD.

"Tujuannya untuk membiasakan diri menghadapi kebencanaan. Jadi kita begitu ada bencana sudah siap siaga," jelas Nana. [adv]



Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds