BPBD Kabupaten Serang Bentuk Forum Komunikasi Bencana

Daerah  RABU, 07 JULI 2021 , 20:14:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

BPBD Kabupaten Serang Bentuk Forum Komunikasi Bencana

BPDP Kabupaten Serang sosialisasikan tanggap bencana/IST

RMOLBANTEN. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang terus melakukan terobosan-terobosan baru agar desa bisa semakin tangguh saat menghadapi bencana.

Saat ini terobosan yang terbaru, BPBD Kabupaten Serang yang dikomandoi Nana Sukmana Kusuma ini membentuk forum komunikasi bencana‎ yang tersebar di 43 desa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan,‎ sejak awal Januari sampai sekarang tidak henti-hentinya bencana alam melanda.

"Kami gencar melalukan sosialisasi terhadap masyarakat di desa, melalui forum komunikasi bencana, agar masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana," ucap Nana belum lama ini.

"BPBD sejauh ini telah memiliki forum komunikasi bencana masyarakat di 43 desa. Pihaknya terus melakukan sosialisasi, penguatan, kemudian desa terus ditangguhkan," ungkapnya.

Nana menambahkan, selain pandemi virus covid-19, bencana alam yang paling banyak ditanganinya‎ hingga saat ini adalah banjir. Menurut data, bencana banjir sejak akhir Desember, peningkatannya cukup signifikan. Kemudian bencana kebakaran.

"Tapi kita penangananya sudah terjalin, dalam Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops). Ketika banjir, kami sudah serentak. Seluruhnya sudah mengambil fungsinya masing"masing, Kodim, Polres maupun BPBD, sudah bergerak melakukan penanganan," tambahnya.

Oleh karenanya, Nana menegaskan, meskipun sedang pandemi covid-19, pihaknya tidak lepas dari tugas pokok dan fungsi‎ terhadap penanganan bencana banjir dan kebakaran. Proses penanganannya pun dilakukan dengan cepat.

"Walaupun covid-19, penanganan banjir sesuai protap yang ada. Kita tangani dengan respon time. Jadi kami tidak lepas dari tugas pokok dan fungsi BPBD Kabupaten Serang itu sendiri," tutupnya. [adv]


Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds