Pekerja Yang Gunakan KRL Wajib Bawa STRP

Kota Tangerang  SENIN, 12 JULI 2021 , 14:23:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Pekerja Yang Gunakan KRL Wajib Bawa STRP

Petugas di Stasiun Kota Tangerang memeriksa kelengkapan pekerja yang akan naik KRL/AUL

RMOLBANTEN Warga Kota Tangerang yang ingin melintas ke wilayah aglomerasi diwajibkan untuk membawa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) mulai hari ini, Senin (12/7).

Aturan ini berlaku juga di seluruh wilayah Jabodetabek, terutama bagi pekerja yang menggunakan moda transportasi kereta listrik Commuter Line.

Di stasiun Tangerang sendiri, tampak petugas dari Dinas Perhubungan dan juga petugas KAI yang berjaga untuk memeriksa kelengkapan dokumen perjalanan calon penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar mengatakan bahwa pemeriksaan STRP ini tidak hanya berlaku di stasiun, namun juga di seluruh wilayah perbatasan dengan DKI Jakarta.

Tak hanya itu, yang diizinkan untuk masuk ke wilayah Jakarta hanyalah pekerja di bidang esensial dan kritikal.

"Tiap kota kabupaten aglomerasi melaksanakan regulasi turunan yang isinya merujuk untuk mengendalikan pergerakan orang, yang dibatasi itu disyaratkan untuk perjalanan orang membawa STRP dan diterapkan juga di terminal," ujarnya.

Wahyudi menambahkan bahwa STRP ini hanya bisa diurus bagi pekerja yang bekerja di bidang kritikal dan esensial. STRP sendiri harus diurus melalui website jakevo.jakarta.go.id yang difasilitasi oleh Pemda DKI Jakarta dan diurus langsung oleh perusahaan secara kolektif dengan melampirkan daftar nama pegawai serta kelengkapan berkas lainnya.

"Kalau memang bekerja di sektor tersebut ya silakan diurus, di luar itu ya tidak bisa," lanjutnya.

Sementara itu, tak sedikit calon penumpang KRL yang belum mengetahui sehingga tidak bisa menunjukan surat tersebut. Salah satunya Anita, dia mengaku baru mengetahui aturan tersebut pagi ini sehingga tidak bisa menunjukan STRP kepada petugas.

"Saya baru tahu tadi pagi, saya kira bisa pakai ID Card saja ternyata tidak boleh harus ada STRP dan surat keterangan dari perusahaan," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds