Krisis Rumah Sakit Covid-19 Di Tangerang, Mantan Jubir Gus Dur Beri Solusi RS Tol Dengan Ruang Inap Kontainer

Politik  SABTU, 17 JULI 2021 , 00:01:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Krisis Rumah Sakit Covid-19 Di Tangerang, Mantan Jubir Gus Dur Beri Solusi RS Tol Dengan Ruang Inap Kontainer

Kordinator GIB, Adhie Massardi/Net

RMOLBANTEN Lonjakan Covid-19 di Kota Tangerang cukup mengkhawatirkan. Pemerintah Kota Tangerang sendiri mencata dalam dua hari sebanyak 1.855 orang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni 15 dan 16 Juli 2021.

Namun lonjakan pasien Covid-19 di daerah dengan semboyan Akhlakul Karimah itu tidak ditunjang fasilitas rumah sakit khusus Covid-19. Walaupun puluhan rumah sakit yang ada, namun yang khusus merawat pasien Covid-19 ini hanya satu yaitu RSUD Kota Tangerang

Hal itu seperti dikonfimasi Kepala Dinas Kesehatan Liza Puspa Dewi yang mengatakan, Kota Tangeraang punya 32 rumah sakit yang bisa digunakan masyarakat berobat non Covid-19. Hanya satu yang khusus diperuntukan untuk Covid-19 yakni RSUD Kota Tangerang.

"Saat ini, memang RSUD Kota Tangerang kita gunakan untuk penanganan Covid-19. Jika ada penurunan, maka akan bisa kembali dipakai masyarakat," ujarnya Liza, Jum'at (16/7).

Melihat itu Mantan Jurubicara Presiden RI ke-4 Abdurahman Wahid atau biasa akrab dengan panggilan Gus Dur, Adhie Massardi memberikan solusi keterbatasan rumah sakit khusus Covid-19 yang ada di Kota Tangerang.

Adhie Massardi menyarankan untuk menyulap atau membangun Ruma Sakit di Tol. Ia menyebut banyak jalan tol yg sepi akibat pemberlakuan PPKM Darurat. Seperti tol Tangerang- Ciputat.

"Ini bisa ditutup sebagian untuk dijadikan RS darurat Covid-19," terangnya lewat Twitter pribadinya sesaat lalu.

Kordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) menyarankan untuk ruang rawat-inapnya bisa gunakan kontainer yang sudah dimodifikasi. Adhie lantas mencotohkan Rumah Sakit Kartika Pulomas yang sudah menerapkan pola rawat-inap dengan menggunakan kontainer.

"Ini juga sebagai percontohan infratsruktur nganggur, jadi bisa bermanfaat buat rakyat," sentil Adhie Massardi menutup. [ars].


Komentar Pembaca
Prabowo Serahkan
Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

MINGGU, 27 JUNI 2021 , 01:30:00

De Oranje Angkat Koper

De Oranje Angkat Koper

SENIN, 28 JUNI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds