BIN Laksanakan Vaksinasi Door To Door, Begini Penjelasan Budi Gunawan

Kesehatan  MINGGU, 18 JULI 2021 , 19:39:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

BIN Laksanakan Vaksinasi <i>Door To Door</i>, Begini Penjelasan Budi Gunawan

Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan saat turun di Kelurahan Mekarsari di Bandung Barat/RMOL

RMOLBANTEN Badan Intelijen Negara (BIN) turun tangan dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19. Turun tangannya BIN atas instruksi Presiden Joko Widodo.

BIN bersama lembaga yang mempercepat capaian target vaksinasi 3 juta orang per hari.

Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan mengatakan, ada enam titik vaksinasi lintas provinsi. Lokasi vaksinasi yang dipilih merupakan kawasan zona hitam penyebaran kasus Covid-19.

"Hari ini kami turun di tempat ini di Kelurahan Mekarsari di Bandung Barat. Kami turun di enam wilayah. Di Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Timur, Riau dan Sulawesi Selatan, yang kita tahu ini merupakan daerah-daerah spot hitam," ujar Budi di Bandung, Jawa Barat, Minggu (18/7).

BIN kata Budi menargetkan 2.000 vaksinasi di setiap titik. Sehingga, secara keseluruhan ada 12.000 warga yang menerima vaksin pada hari ini.

"Untuk hari ini 2 ribu vaksin. Dan kami turun dengan 2 ribu sembako dan paket vitamin per provinsi," ucap Budi.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan vaksinasi yang digelar BIN menyasar para pelajar dan warga yang tinggal di daerah pemukiman padat penduduk.

Sebab, kasus positif di kalangan pelajar meningkat hingga 36 persen.

"Sehingga Badan Intelijen Negara fokus pada khusus anak-anak di level SMP dan SMA. Kenapa, karena mereka adalah generasi penerus kita. Generasi muda yang harus kita selamatkan sebagai tulang punggung bangsa dan negara ke depan," katanya.

Dia juga menjelaskan alasan BIN menggelar vaksinasi door to door di daerah padat penduduk. Hal ini lantaran klaster rumah tangga juga meningkat sangat tajam.

"Apalagi di daerah spot hitam, seperti Jawa Barat. Kenapa (door to door)? Karena pertimbangannya, di perumahan-perumahan padat penduduk itu masih minim terjangkau program vaksinasi karena keterbatasan akses mereka. Yang kedua, karena pemberlakuan PPKM Darurat. Sehingga mereka takut keluar rumah," jelasnya.

Selain itu, Budi juga mengimbau agar masyarakat selalu menjalankan protokol kesehatan.

Dia pun memastikan pemerintah sedang berupaya maksimal dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Pemerintah sangat peduli dan sangat proaktif untuk menyelamatkan kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, kami sangat mengimbau kepada seluruh masyarakat dan warga bangsa, marilah kita bantu pemerintah dengan melakukan hal yang sama, bahu-membahu," demikian Budi Gunawan dilansir Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]


Komentar Pembaca
Prabowo Serahkan
Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

Kursi Roda Buronanan 10 Tahun

MINGGU, 27 JUNI 2021 , 01:30:00

De Oranje Angkat Koper

De Oranje Angkat Koper

SENIN, 28 JUNI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds