Sudah Enam Bulan BPNT Dan PKH Di Kabupaten Tangerang Tidak Kunjung Cair

Kabupaten Tangerang  RABU, 04 AGUSTUS 2021 , 13:36:00 WIB | LAPORAN: SOPIAN SUKRI

Sudah Enam Bulan BPNT Dan PKH Di Kabupaten Tangerang Tidak Kunjung Cair

Penerima bantuan dari pemerintah/NET

RMOLBANTEN. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kampung Pintu Air, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji sesalkan anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diduga tidak kunjung cair selama tiga bulan. Selain itu KPM yang ingin mengadukan kondisi tersebut diancam dan diintimidasi dari pendamping.

Salah satu warga Kampung Pintu Air, Desa Kohod, Kecamatan Pakihaji yang berinisial S mengatakan, dirinya yang merupakan salah satu KPM BPNT dan PKH sudah bertahun-tahun tidak kunjung cair. Sementara, BPNT sudah tiga bulan hanya cair sembako saja, tidak beserta uangnya.

"Kalau PKH-nya sudah lama, dari anak saya SD kelas 3 sampe SMP kelas 1. Sekitar 3 tahun. Kalau BPNT cair sembakonya, tetapi uangnya tidak," katanya kepada awak media, Rabu, (8/4).

Menurutnya, kejadian tersebut sudah sering terjadi dan banyak KPM yang mengeluhkan. Hanya saja penerima bantuan tidak berani untuk buka suara. Pasalnya, ketika para KPM mempertanyakan atau protes, langsung mendapat intimidasi dan ancaman dari pendamping.

"Pada takut, soalnya pernah terjadi protes lalu diancam sama oleh pendamping, katanya bakal di coret dan dilaporkan polisi. Namanya warga polos jadi pada takut dan nurut saja dengan pendamping," terangnya.

Penerima bantuan KPM lainnya, N mengaku, sudah enam bulan anggaran PKH-nya tidak kunjung cair. Saat N bertanya kepada pendamping, alasannya belum dicairkan oleh pemerintah.

"Udah ada enma bulan gak cair-cair. Saat saya tanya ke pendamping katanya belum dicairkan oleh pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Kordinator PKH Kabupaten Tangerang, Syafei mengatakan, bahwa banyak faktor yang membuat tidak cairnya PKH, salah satunya tidak validnya NIK. Namun, dia menegaskan akan menindak lanjuti keluhan masyarakat Kampung Pintu Air, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji.

Dia juga mengatakan, akan memanggil dan menanyakannya kepada pendamping PKH di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji.

"Memang ada beberapa faktor kenapa tidak cair. Tetapi ini menjadi laporan baru, kita akan tindak lanjut dan analisa. Kita panggil dan menanyakannya kepada pendamping PKH di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji yang mengintimidasi masyarakat penerima bantuan," tukasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds