Pendamping PKM Dilarang Intimidasi Penerima

Kabupaten Tangerang  KAMIS, 05 AGUSTUS 2021 , 16:17:00 WIB | LAPORAN: SOPIAN SUKRI

Pendamping PKM Dilarang Intimidasi Penerima

Ilustrasi penerima PKM/NET

RMOLBANTEN. Koordinator Kecamatan Pakuhaji Program Keluarga Harapan (PKH) mengakui adanya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dana BPNT dan PKH di Desa Kohod, Kabupaten Tangerang yang belum cair.

"Iya betul. Bagaimanapun saya terus berusaha untuk membantu para KPM dan segala keluhan mereka," kata Korcam PKH Pakuhaji Rozak, Rabu (4/8).

Kata Rozak, pada Juli sudah terjadi pergantian pendamping, dan pendamping yang baru di Desa Kohod belum diaktifkan. Maka untuk sementara waktu, Korcam yang bertanggung jawab terkait BPNT dan PKH di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji.

Namun, Rozak menyebut banyaknya KPM di Kampung Pintu Air, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji yang mengeluhkan tidak cairnya dana PKH dan BPNT selama 6 bulan bahkan ada yang 3 tahun. Itu dimasa pendamping sebelumnya, yaitu Muhammad Yusuf.

"Sebulan lalu ada pergantian. Iya betul dimasa kepemimpinan sebelumnya. Saya akan bantu sebisa saya untuk kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Terkait adanya intimidasi oleh pendamping kepada KPM dimasa pendamping sebelumnya. Rozak menegaskan, bahwa pendamping bertugas untuk menampung dan mengadvokasi keluhan para KPM.

"Pendamping tidak boleh mengintimidasi apa lagi mengancam. Kami sifatnya menampung dan mengadvokasi keluhan KPM," tegas Rozak.

Sementara itu, mantan pendamping PKH Kampung Pintu Air, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Muhammad Yusuf mengatakan, tidak cairnya PKH dikarenakan adanya NIK KPM yang tidak padan dengan catatan sipil. Sementara untuk BPNT disetiap BRIlink hanya bisa mencairkan pangan saja.

"PKH banyak tidak cair karena memang banyak yang NIK tidak padan dengan capil. Sedangkan, BPNT memang setiap BRIlink pasti hanya bisa mencairkan pangan saja," tandasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds