Inspektorat Pandeglang Terima Aduan Penyelewengan Dana Desa

Kabupaten Pandeglang  SENIN, 09 AGUSTUS 2021 , 16:42:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Inspektorat Pandeglang Terima Aduan Penyelewengan Dana Desa

Inspektur Pembantu III pada inspektorat kabupaten Pandeglang, Gunara/Repro

RMOLBANTEN. Inspektorat Kabupaten Pandeglang menyatakan menerima banyak aduan dari berbagai pihak mengenai dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) diberbagai desa yang saat ini tengah mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Namun Inspektorat, saat ini enggan melakukan pemeriksaan lebih lanjut atau memilih menunda pemeriksaan hingga tahapan Pilkades serentak selesai dilaksanakan.

Demikian disampaikan Inspektur Pembantu III pada inspektorat kabupaten Pandeglang, Gunara saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Senin (9/7).

"Ada aja aduan mengenai DD dan ADD (incumben-red), tapi  kami belum tindaklanjuti, khawatir lapdu (laporan pengaduan) yang disampaikan dipolitisasi," ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya menegaskan segala aduan yang disampaikan masyarakat akan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan serta perundangan-undangan yang berlaku, setelah tahapan pilkades selesai dilaksanakan.

"Lapdu tersebut, tetap kami akan tindaklanjuti sambil menunggu tahapan Pilkades selesai dilaksanakan," jelasnya.

Gunara menambahkan, pihaknya juga telah mengantongi desa-desa mana saja yang masih mempunyai kewajiban atau hutang program yang berkaitan dengan DD dan ADD atau dana yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Namun, pihaknya enggan mengungkapkan data tersebut dengan  alasan data tersebut berada pada bagian lainn.

"Kalau data sudah ada, tapi saya ga pegang Pak (ada di Pak Kodir-red), kalau mau minta baiknya hubungi pak inspektur dulu," bebernya.

Gunara menegaskan, jika para incumben tidak segera memenuhi kewajiban-kewajiban tersebut sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka temuan-temuan tersebut akan dilimpahkan ke Aparat Penegak Hukum (APH) seperti Kejaksaan dan Kepolisian.

"Kalau temuan-temuan itu tidak segera ditangani sesuai dengan waktu yang ditentukan, maka kami akan limpahan ke APH," tutupnya. [ars]


Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds