Imbas Covid-19, Ribuan Anak Di Banten Yatim Piatu

Pemprov Banten  JUM'AT, 03 SEPTEMBER 2021 , 19:10:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Imbas Covid-19, Ribuan Anak Di Banten Yatim Piatu

Sekretaris Dinsos Provinsi Banten, Budi Dharma/HEN

RMOLBANTEN. Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten telah mengintruksikan kepada pemerintah kota dan kabupaten untuk mendata anak-anak yang menjadi yatim piatu akibat dampak pandemi covid-19. Hal itu menyusul akan ada bantuan dari Kementerian Sosial.

"Kami telah mengintruksikan kepada pemda melalui surat resmi untuk mendata anak-anak yang masuk menurut UU perlindungan anak yang orang tuanya meninggal akibat covid," ucap Sekretaris Dinsos Provinsi Banten, Budi Dharma, Jumat (3/9).

Budi menjelaskan, jadi akan diberi bantuan istilahnya program atensi pemenuhan kebutuhan dasar anak-anak dan ada sejumlah uang yang diberikan kepada mereka melalui bansos bagi anak yang terdampak tersebut.

"Sementara hasil pendataan sudah sampai 1.792 anak. Di Tangsel 478 anak, Cilegon 67 anak, Kota tangerang 838 anak, Kota Serang 26 anak, Pandeglang 73 anak, Kabupaten Tangerang 310 anak. Sementara Kabupaten Lebak dan Serang belum masuk," terangnya.

Budi mengaku, pendataan tersebut diupgrade setiap hari, dan data tersebut sudah sesuai by name by adres. Selain itu ada beberapa pihak juga yang sudah meminta data ke pihaknya untuk menjadikan calon penerima manfaat di program yang ada di OPD-OPD lain.

"Kami Dinsos menjadi optimis karena respon OPD lain terhadap data yang kami himpun cukup baik," ujarnya.

Budi mengaku, saat ini yang masih menjadi kendala adalah mekanisme pendistribusiannya, karena anak-anak tersebut belum ada rekening, mengingat usianya masih di bawah umur.

"Ini yang masih dirundingkan antara pemerintah pusat dan daerah, apakah ada perwalian sebuah yayasan, misalkan akan dikoordinir pesantren anak tersebut nanti," katanya.

Budi mendorong agar data anak tersebut dilindungi, karena belum tentu anak tersebut datanya mau diekpose ke publik.

"Target sampai pertengahan September data ini sudah selesai," tutupnya. [ars]


Komentar Pembaca
1000 Pohon Mangrove

1000 Pohon Mangrove

SENIN, 30 AGUSTUS 2021 , 09:31:00

Spanduk Anies Baswedan Fot Presiden 2024

Spanduk Anies Baswedan Fot Presiden 2024

SELASA, 31 AGUSTUS 2021 , 06:28:00

Jokowi Vaksinasi <i>Door To Door</i>

Jokowi Vaksinasi Door To Door

SELASA, 31 AGUSTUS 2021 , 11:44:00

The ads will close in 10 Seconds