Din Syamsuddin: Kriteria Pemimpin Menurut Al-Quran Adalah Yang Tidak Suka Berdusta

Politik  RABU, 08 SEPTEMBER 2021 , 07:24:00 WIB | LAPORAN: FAISAL ARISTAMA

Din Syamsuddin: Kriteria Pemimpin Menurut Al-Quran Adalah Yang Tidak Suka Berdusta

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin/Net

RMOLḄANTEN Pemimpin ideal yang diharap mampu mengarahkan pada kebersamaan cita-cita dan tujuan suatu bangsa dan negara, kriterianya adalah yang berdasarkan kitab suci Al-Quran.

Demikian disampaikan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, dalam pengajian virtual Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ngawi, Jawa Tengah, Minggu (5/9).

Tipe pemimpin ideal menurut Islam dan Al-Quran, diurai Din telah dipersonifikasikan, ditampilkan dan dinyatakan oleh Allah SWT dalam diri Nabi Muhammad SAW.

"Beliaulah pemimpin agung, pemimpin ideal yang memenuhi kriteria Al-Quran," ujar Din Syamsudin dikutip melalui laman PP Muhammadiyah, Rabu subuh (8/9).

Din Syamsudin mengatakan bahwa untuk mencari sosok yang ideal bisa dicari dari ayat-ayat Al-Quran, dan juga bisa dipahami serta dipelajari melalui teladan sosok seorang Rasulullah SAW.

"Yang tadi disebut Alquran sebagai uswatun hasanah," imbuhnya.

Lebih lanjut, Din Syamsudin menyebutkan empat ciri sifat Rasulullah yang bisa menjadi tauladan semua orang untuk memilih seorang pemimpin. Yakni di antaranya jujur, amanah, cerdas, dan transparan.

Kriteria itu, menurutnya, adalah ukuran untuk menentukan apakah pemimpin itu termasuk ideal atau tidak. Namun yang paling utama kata Din Syamsudin adalah kejujuran atau As-Sidqu.

Din Syamsudin berharap kepada warga Persyarikatan melembagakan kejujuran dalam diri dan perbuatan lahir batin di manapun berada, sebagai pengejewantahan dari hadis yang berbunyi setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang bagaimana kepemimpinannya.

"Jadi pemimpin yang suka berbohong, suka berdusta, tiap waktu penuh dengan kebohongan, tidak menyatu antara ucapan dan laku, word in deed does not match, tidak matching dengan laku, dengan perbuatan itu adalah kebohongan," demikian Din Syamsuddin dilansir dari Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]

Komentar Pembaca
Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds