Perhatikan! Calon Pengantin Di Tangsel Diwajibkan Tes HIV/Aids

Kota Tangerang Selatan  RABU, 08 SEPTEMBER 2021 , 18:13:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Perhatikan! Calon Pengantin Di Tangsel Diwajibkan Tes HIV/Aids

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak/LAN

RMOLBANTEN. Wacana calon pengantin untuk lebih dulu menjalani tes HIV/Aids, sejak masa akhir jabatan Airin Rachmi Diany hingga kini Walikota Benyamin Davnie masih terus digodok bersama Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, Rabu, (8/9).

Rojak mendukung aturan tersebut dan sudah direncanakan untuk melindungi calon pengantin dari penyakit.

"Itu sebetulnya sudah direncanakan dan kami mendukung gitu kan. Karena program itu kan dalam rangka perlindungan bagi para calon pengantin, agar tidak terjadi penyakit kelamin gitu kan," katanya.

Namun, yang menjadi permasalahan pada tes HIV/Aids bagi calon pengantin yakni cukup merogoh kocek dalam-dalam.

Untuk itu, Kantor Kemenag meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel menggratiskan tes HIV/Aids bagi calon pengantin.

"Cuma masalahnya tes HIV/Aids itu ternyata perlu biaya cukup besar, dan itu kita mintakan ke Pemerintah Kota Tangsel untuk digratiskan. Nah itu yang sedang dikaji dan di koordinasikan, jadi pada dasarnya Pemkot dan Kementerian Agama sudah sepakat setuju tentang tes HIV/Aids," paparnya.

Masih kata Rojak, selain permasalahan biaya. Yang perlu mendapat kajian lebih jauh, adalah penanganan bagi calon pengantin jika dinyatakan positif HIV/Aids.

"Karena kan jumlah volume pasangan pernikahan di Tangsel sangat banyak. Kedua tindak lanjut kalau pasangan itu dinyatakan positif (HIV/Aids). Nah, penanganan kesehatannya seperti apa, itu juga perlu di diskusikan," ungkap Rojak.

"Perlu disepakati. Jangan sekedar setuju, kita juga harus sampai tuntas. Jadi menjaga kerahasian pengantinnya juga perlu, jangan sampai nanti gara-gara itu malah jadi boomerang bagi calon pengantin apalagi sampai konflik mereka ribut, mereka tidak jadi. Jadi betul-betul sedang dicari skema polanya seperti apa, itu aja," lanjutnya.

Rojak hanya mengimbau kepada calon pengantin agar hati-hati dalam pergaulan dan hingga seks bebas.

"Tapi intinya mah welcome lah, kami menyambut baik, mudah-mudahan ini menjadi pertanda baik untuk para calon pengantin agar betul-betul hati-hati dalam pergaulan," tandas Rojak. [ars]


Komentar Pembaca
Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds