Webinar RSU Tangsel: Cegah Dan Obati Kanker Mulut Sejak Dini

Advertorial  JUM'AT, 01 OKTOBER 2021 , 15:26:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Webinar RSU Tangsel:  Cegah Dan Obati Kanker Mulut Sejak Dini

Dokter Spesialis Gigi dan Mulut RSU Kota Tangsel drg. Yohana Alfa Agustina/ARS

RMOLBANTEN. Kanker mulut salah satu jenis kanker yang bisa terjadi di seluruh bagian rongga mulut. Mulai dari bibir, gusi, area lidah, dan dinding mulut.

Untuk itu supaya bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat, perlu mengenali gejala, penyebab, dan cara mencegahnya.

Dokter Spesialis Gigi dan Mulut RSU Kota Tangsel drg. Yohana Alfa Agustina mengatakan, kanker mulut ditandai oleh beberapa gejala. Mulai dari sariawan yang tidak kunjung sembuh, muncul benjolan dalam mulut. Mulut dan telinga terasa sakit, hingga kesulitan untuk berbicara dan menelan.

"Keluhan tersebut pertanda awal penyebab kanker mulut. Jika merasakan hal seperti itu saya sarankan segera periksa ke dokter," katanya saat Webinar RSU Kota Tangsel bertema Kanker Mulut, Rabu, (29/9).

Menurutnya, kanker mulut terjadi saat DNA sel dalam mulut bermutasi. Seiring berjalannya waktu, jumlah sel abnormal dalam mulut membentuk tumor yang bisa menyebar. Tidak hanya di mulut, penyebaran sel juga bisa menuju bagian leher, kepala, atau bagian tubuh yang lain.

"Ada beberapa faktor yang dapat memicu hal tersebut. Mulai dari mengunyah tembakau atau merokok, mengonsumsi alkohol berlebih, terlalu banyak terpapar sinar matahari, atau sistem imun tubuh lemah," ujar Yohana.

Yohana memberi tips cara mencegah kanker mulut supaya tidak mengalaminya. Di antaranya, hindari mengunyah tembakau atau merokok. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat memicu pertumbuhan sel abnormal.

Kemudian, hindari konsumsi alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan sel-sel dalam mulut lebih rentan terluka dan bermutasi.

"Kalau muncul sariawan lebih dari 3 minggu, maka periksakanlah kondisi ini ke dokter. Sebab, semakin dini menemukan indikasi kanker, maka tentu hasilnya akan lebih bagus dan berpengaruh pada kualitas hidup pasien," pungkas Yohana. [adv]

Komentar Pembaca
Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds