Bantuan Modal Dari BAZNAS Tingkatkan Ekonomi Keluarga Guru Ngaji Asal Tangerang Ini

Ekbis  SELASA, 05 OKTOBER 2021 , 19:04:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Bantuan Modal Dari BAZNAS Tingkatkan Ekonomi Keluarga Guru Ngaji Asal Tangerang Ini

Ibu Rohimah kini mengalami peningkatan ekonomi setelah bergabung dengan BAZNAS/Dok. BAZNAS

RMOLBANTEN Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) mewujudkan impian Rohimah (40) untuk memiliki warung sendiri.

Rohimah dan suami adalah seorang guru ngaji warga Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

Rohimah sebelumnya mengalami kesulitan keuangan karena penghasilannya dari mengajar ngaji tidak mencukupi kebutuhan harian keluarga. Guna menambah penghasilan, Rohimah memiliki impian mempunyai warung sendiri guna menopang perekonomian keluarga.

Harapan itu datang ketika BAZNAS hadir di lingkungan tempat tinggalnya. Lewat seleksi ketat, Rohimah terpilih menjadi salah satu saudagar Zmart yang dibantu memulai usahanya dari nol, sejak November 2020. Kini Rohimah telah memiliki usaha warung retail Zmart di rumahnya.

"Alhamdulillah, dulu saya sama abi (panggilan untuk suaminya) memang pengen banget punya usaha warung kecil-kecilan gitu, tapi cuma nitip doa aja sama Allah kalau memang ada jalan bukain gitu aja," ujar Rohimah.

Rohimah tak hanya mendapat bantuan modal usaha, namun BAZNAS juga memberi pelatihan dan pembinaan secara berkala agar Rohimah dapat mandiri.

Selama 9 bulan perjalanan pendampingan program, Rohimah mengalami beberapa peningkatan seperti omzet meningkat, kapasitas diri, kuantitas produk, dan pemasaran yang semakin baik. Hal itu merupakan buah dari pendampingan dan pembinaan dari BAZNAS serta tekat kuat Rohimah untuk mengubah hidupnya.

Menurutnya, perubahan paling dirasa secara ekonomi yakni bisa membantu untuk biaya sekolah anak di pesantren, bisa bantu keluarga, dan bisa bantu untuk santunan anak yatim dhuafa, kemudian juga untuk kegiatan jamaah taklim.

"Alhamdulillah, doa saya dijawab. Usaha ini saya jalankan sebagai amanah buat saya, karena Allah sudah jawab doa saya jangan sampai saya malas waktu menjalaninya, ini amanah dari donatur BAZNAS buat saya dan keluarga saya," tambahnya penuh semangat.

Dari segi omzet, pendapatan langsung terjadi di tiga bulan pertama Rohimah bergabung, yang mencapai Rp 500.000 per hari. Hingga kini, omzet tertingginya bisa mencapai Rp 700.000 hingga Rp 800.000/hari. Setiap bulannya, omzet yang dihasilkan juga terus berkembang.

Tak hanya itu, peningkatan juga dialami Rohimah dengan adanya kuantitas berbagai jenis produk retail. Pada bulan lalu, Rohimah menambah jenis usaha produk es krim box yang saat ini banyak diminati oleh kalangan anak-anak yang menambah meningkatkan pendapatan hariannya. Berbagai upaya ini diharapkan makin memberi kemajuan untuk usaha Rohimah.  

Rohimah berharap, usaha miliknya dan mustahik lain bisa terus berkembang. Dia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang telah berdonasi melalui BAZNAS, yang telah membantu peningkatan hidup masyarakat rentan di berbagai daerah.  

BAZNAS mengajak Anda untuk turut membantu masyarakat rentan yang kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi, seperti Rohimah dan mustahik lainnya, dengan menyalurkan dana terbaik melalui daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening.

Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly/WhatsApp-087877373555.

Anda bisa menunaikan zakat melalui berbagai rekening bank berikut: BSI 9555.555.400, BCA 686.0148.755, BNI 555.5505.027 danMandiri 0700.0018.55555 a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). [ars]




Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds