Pekan Depan, Polisi Limpahkan Berkas Perkara Kebakaran Lapas Tangerang

Hukum  JUM'AT, 08 OKTOBER 2021 , 07:16:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pekan Depan, Polisi Limpahkan Berkas Perkara Kebakaran Lapas Tangerang

Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat/AUL

RMOLḄANTEN Berkas perkara kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Rencananya, pekan depan akan segera dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). 

"Kasus lapas tinggal lepasin berkas saja, dalam waktu dekat akan kami kirim berkasnya, Minggu depan,” kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat dikutip dari Kantor Berita Politik RMOLID, Kamis (8/10).

Menurut Ade, pelimpahan merupakan tahap pertama setelah tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya merampungkan berkas. Apabila jaksa peneliti menyatakan berkas tersebut lengkap, maka akan dilakukan pelimpahan tahap 2, yakni penyerahan tersangka dan barang bukti untuk disidangkan.

"Iya lengkapin tahap I dulu,” jelasnya.

Ditreskrimum Polda Metro Jaya dalam kasus ini menetapkan 3 tersangka dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Penetapan ini dilakukan setelah dilakukan gelar perkara.

Yang ditetapkan sebagai tersangka yakni berinisial RU, S, dan Y. Seluruhnya dijerat Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang membuat orang lain meninggal.

Kemudian, Penyidik kembali menetapkan 3 tersangka baru dalam kasus ini.  3 tersangka baru ini dijerat Pasal 188 KUHP tentang kealpaan yang menyebabkan kebakaran.

Tersangka dengan jeratan Pasal 188 KUHP ialah JMN selaku warga binaan. Dia berperan memasang instalasi listrik namun statusnya bukan ahli kelistrikan. Kedua yakni PBB, selaku pegawai Lapas yang menyuruh JMN memasang instalasi listrik. Dan tersangka ketiga yakni RS selaku pejabat Bagian Umum Lapas Kelas I Tangerang. Dia adalah atasan PBB.[ars]



Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds