Cerita Penerima Bantuan BAZNAS yang Kini Mampu Berkurban Tiap Tahun

Ekbis  SENIN, 11 OKTOBER 2021 , 13:23:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Cerita Penerima Bantuan BAZNAS yang Kini Mampu Berkurban Tiap Tahun

Ade Rusmana peternak mustahik dari Bogor/Ist

RMOLBANTEN Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) berhasil membawa perubahan bagi diri Ade Rusmana, seorang peternak mustahik asal Bogor, Jawa Barat.

Bersama Balai Ternak BAZNAS, kini Ade telah berkembang pesat hingga memiliki 41 ekor ternak, bahkan dia sudah aktif berkurban dalam dua tahun terakhir.

"Alhamdulillah sudah 2 kali bisa berkurban dari hasil beternak walaupun tahun lalu dan tahun ini baru bisa 1 ekor, semoga ke depan ada rezekinya dan bisa berkurban kembali untuk anak-anak," ucap Ade.

Cerita Ade bermula saat dia mengikuti program pemberdayaan peternak mustahik BAZNAS sejak 4 Januari 2019. Pada awal program Ade diberikan modal produktif sebanyak 9 ekor domba oleh BAZNAS untuk dikembangkan bersama kelompok peternak Madani Farm di Balai Ternak BAZNAS Bogor.

Berkat kegigihan dan kecintaannya pada ternak, kini ternak yang ia pelihara berkembang menjadi 41 ekor. Perkembangan pesat Ade merupakan buah dari bantuan modal, pembinaan, dan pelatihan yang dilakukan BAZNAS. Tentunya didukung niat dan kerja keras dari Ade.

Ade mengucapkan rasa syukurnya dalam waktu tiga tahun terakhir bisa diberdayakan oleh BAZNAS melalui program Balai Ternak, bahkan aktif berkurban domba di dua tahun terakhir. Tak hanya mampu meningkatkan kapasitas diri, tapi ia juga dapat memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya.

Momen Kurban Online BAZNAS tahun ini merupakan kesempatan ketiga Ade dan peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Bogor terlibat sebagai mitra pelaksana yang diberdayakan oleh BAZNAS.

Dari hasil keuntungan penjualan ternak ini ia bisa membangun dan perlahan memperbaiki rumah serta menyekolahkan anaknya. Sebagai tambahan informasi, bahwa pada Kurban tahun 2021 ini, Ade berhasil menjual 7 ekor anakan domba miliknya dengan pendapatan hingga Rp17.000.000.

"Semua peternak sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih karena bisa menjual ternak yang dipelihara dan merasakan daging, bisa berbagi ke semua tetangga yang juga ikut bisa menikmati daging, ujar Ade menambahkan.

Ke depannya masih banyak asa yang ingin Ade capai, ia ingin terus mengembangkan ternak yang ia pelihara melalui pendampingan yang telah diberikan BAZNAS. Jika sekarang ternak yang ia pelihara 41 ekor, Ade berharap nanti bisa menjadi ratusan hingga ribuan.

Selain berdaya melalui program penggemukan ternak dan pembiakan, Ade juga mengembangkan usaha lainnya di Balai Ternak BAZNAS Bogor yaitu pupuk organik Cimande dan aqiqah.

BAZNAS mengajak Anda untuk turut membantu membawa perubahan positif kepada para peternak mustahik binaan lainnya, dengan menyalurkan dana terbaik melalui daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening .

Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly/WhatsApp-087877373555.

Anda bisa menunaikan zakat melalui berbagai rekening bank berikut:

BSI 9555.555.400, BCA 686.0148.755, BNI 555.5505.027, Mandiri 0700.0018.55555 a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). [ars]




Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds