Dasco: Pengalaman Juri Jadi Bekal Memilih Komisioner Kompeten

Eks Timses Jokowi Jadi Ketua Pansel KPU-Bawaslu

Politik  SELASA, 12 OKTOBER 2021 , 18:08:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Dasco: Pengalaman Juri Jadi Bekal Memilih Komisioner Kompeten

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad/Repro

RMOLBANTEN Mantan Timses Jokowi, Juri Ardiantoro ditunjuk sebagai Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2022-2027.

Pemilihan Juri yang saat ini bertugas di Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) menimbulka pro dan kontra.

Namun bagi Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad,  tak mempermasalahkan posisi Juri sebelumnya. Bahkan, Dasco menilai sosok Juri Ardiantoro dianggap memiliki pengalaman.

"Ya saya pikir kan pak Juri itu justru berpengalaman di KPU, nah sehingga bagi kami itu nggak ada masalah, jika kemudian pak Juri menjadi tim seleksi KPU, karena kan itu tim seleksi bukan cuma pak Juri Ardiantoro sendiri, itu kan ada beberapa, kemudian bersama-sama," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/10).

Legislator Dapil Tangerang Raya ini berharap dengan pengalamannya di KPU sebelumnya, Juri Ardiantoro dapat memilih orang - orang berkompeten yang nantinya terpilih sebagai anggota KPU dan Bawaslu.

"Nah, tentunya pengalaman dari pak Juri itu bisa kemudian untuk dijadikan bekal memilih calon- calon baik KPU maupun Bawaslu yang tepat. Di samping aspek-aspek lain, nanti akan dilengkapi oleh anggota tim yang lain, yang dibawa pak Juri Ardiantoro," ujarnya.
 
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah mengumumkan 11 anggota tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027.

Pengumuman dilakukan setelah Tito mendapat Keputusan Presiden (Keppres) tentang tim seleksi yang ditandatangani pada 8 Oktober 2021.

Diketahui tim seleksi tersebut terdiri dari perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Wakil Menteri Hukum dan HAM hingga mantan Komisioner KPU.

Selain Juri, ada juga nama Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) periode 2020-2024 Edward Omar Sharif Hiariej dan Direktur Jenderal Politik Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. [ars]


Komentar Pembaca
Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds