Selama Pandemi, Kantor Imigrasi Serang Deportasi Dua WNA

Keamanan  SELASA, 12 OKTOBER 2021 , 18:56:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Selama Pandemi, Kantor Imigrasi Serang Deportasi Dua WNA

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, Viktor Manurung/HEN

RMOLBANTEN. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, Viktor Manurung mengungkapkan, pihaknya sudah mendeportasi beberapa Warga Negara Asing (WNA) selama pandemi.

"Selama pandemi, kita sudah mendeportasi satu warga negara Cina ex warga binaan Lapas Serang. Kemudian, satu warga negara Bangladesh karena over stay. Sementara satu warga negara Cina menunggu proses deportasi dikarenakan sebelumnya terpapar covid," ucapnya saat ditemui di Hotel Ledian, Kota Serang, Selasa (12/10).

Viktor mengatakan, sejak tanggal 15 September 2021 kemarin, orang asing boleh masuk, karena sebelumnya ada lockdown."kalau sekarangkan sudah boleh masuk. Sebelumnya tidak boleh karena lockdown," ungkapnya.

Viktor menjelaskan, orang asing yang resmi ketika masuk pasti melalui tempat pemeriksaan, seperti imigrasi di Bandara Soekarno Hatta. Bisa merak dari Medan, Ngurah Rai atau dari lain-lainnya.

"Ilegal itu yang tidak memiliki paspor, tidak melalui pemeriksaan imigrasi. Seperti ada daerah pantai kalau ada yang masuk, orang itu ilegal, misalnya pengungsi yang datang. Kalau orang asing masuk imigrasi jelas punya paspor dan punya visa," jelasnya.

Kini, jelasnya, pihaknya juga membentuk pengawasan orang asing (TIMPORA) Kota Serang. Hal itu untuk mengantisipasi adanya WNA ilegal.

"Selain menggelar operasi, juga menerima aduan dari masyarakat, baik lewat online ataupun bisa langsung ke kantornya," tandasnya. [ars]



Komentar Pembaca
Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds