Siapa Gerangan Tokoh Ini?

Opini  RABU, 13 OKTOBER 2021 , 16:01:00 WIB | OLEH: JAYA SUPRANA

Siapa Gerangan Tokoh Ini?

Ilustrasi/Net

RMOLBANTEN Berdasar riset Pusat Studi Tekatekimologi terdapat cukup banyak jenis tekateki seperti misalnya tekateki sejarah, tekateki cuaca, tekateki aritmatika, tekateki filsafat, tekateki pasar saham, tekateki tes wawasan kebangsaan dan lain sebagainya termasuk tekateki tokoh.

Maka demi mengisi waktu senggang di masa PPKM akibat pagebluk Corona, saya ajak anda sedikit bermain teka-teki tokoh.

Hak Asasi Manusia

Mahapenyair William Blake dan mahanegarawan Benjamin Franklin mengaguminya. Napoleon Boneparte selalu meletakkan buku tulisan tokoh ini di bawah bantal agar setiap saat dibaca oleh sang mahakaisar.

Thomas Alfa Edison menyatakan pemikiran tokoh ini merupakan yang paling cemerlang di dalam sejarah peradaban umat manusia.

Pada masa Perang Kemerdekaan Amerika melawan Inggris, George Washington senantiasa mengingatkan para prajuritnya untuk selalu menghayati tulisan tokoh ini sebagai pedoman perjuangan bangsa Amerika.

John Adams meyakini bahwa tanpa goresan pena tokoh ini mustahil bangsa Amerika memerdekakan diri dari penjajahan Inggris. Pada masa Revolusi Prancis, tokoh ini sengaja datang ke Paris untuk ikut berjuang bersama rakyat melawan aristokrasi dan monarki Prancis.

Namun Robespierre merasa terancam oleh tulisan tokoh anti penguasa ini maka menangkap demi akan mengguilotin kepala tokoh ini.

Syukur Alhamdullilah, John Moenroe menyelamatkan serta Thomas Jefferson memberikan asylum di bumi Amerika Serikat bagi sang tokoh yang dianggap berjasa bagi negara, bangsa dan rakyat Amerika Serikat.

Tokoh ini pula yang pertama menggagas istilah The United States of America serta dianggap sebagai tokoh pelopor yang menghadirkan demokrasi di persada Amerika.

Tokoh ini menyadari pentingnya hukum agraria demi mencegah konflik agraria akibat kuantitas tanah di planet bumi tidak mampu menyeimbangi pertambahan jumlah manusia terus meningkat.

Bahkan kemudian pemikiran tokoh ini pula yang menginspirasi PBB untuk mendirikan badan perlindungan hak asasi manusia.

Atheis


Mujur tak teraih, malang tak tertolak wajah tokoh yang sebenarnya layak dinobatkan sebagai pahlawan nasional Amerika Serikat ternyata tidak tercetak di uang kertas US Dolar serta tidak terpahat di tebing bukit Rushmore.

Bahkan tokoh ini dihujat sebagai penghujat gereja. Kenapa? Gegara tokoh ini kemudian menulis sebuah buku yang blak-blakan membuka kebusukan gereja di balik tabir kemilau gemerlap kemahasucian di depan layar lembaga keagamaan.

Maka tokoh ini kemudian dibenci habis oleh kaum agamis bahkan dianggap sebagai pelopor aliran atheisme di Amerika Serikat. Dia adalah seorang tokoh penulis buku-buku abadi dalam sejarah budaya tulisan dunia seperti Common Sense, Rights of Men, The American Crisis, A Supernumerary Crisis, The Age of Reason, Agrarian Justice. Sampai di sini pasti anda sudah tahu siapa tokoh yang saya tekatekikan di sini ini.

Bagi yang sampai di sini masih belum tahu siapa gerangan tokoh ini, saya bocorkan jawabannya yaitu siapa lagi jika bukan Thomas Paine. [red]

Komentar Pembaca
Durian Pentil

Durian Pentil

MINGGU, 24 OKTOBER 2021

Sabar Menanti Pemerintah Minta Maaf

Sabar Menanti Pemerintah Minta Maaf

SABTU, 23 OKTOBER 2021

Butet Nyanyi

Butet Nyanyi

SABTU, 23 OKTOBER 2021

Dading Faris

Dading Faris

JUM'AT, 22 OKTOBER 2021

Garuda Menyenangkan

Garuda Menyenangkan

KAMIS, 21 OKTOBER 2021

Hari Bangkit

Hari Bangkit

RABU, 20 OKTOBER 2021

Rekonstruksi Pembakar Gadis

Rekonstruksi Pembakar Gadis

RABU, 14 JULI 2021 , 00:25:00

HRS Idul Adha Di Penjara

HRS Idul Adha Di Penjara

RABU, 21 JULI 2021 , 00:06:00

Tangerang Kejar Herd Immunity

Tangerang Kejar Herd Immunity

KAMIS, 22 JULI 2021 , 01:02:00

The ads will close in 10 Seconds