BAZNAS Bantu Kebangkitan Usaha Ibu Dini Yang Sempat Terpuruk

Ekbis  KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 10:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

BAZNAS Bantu Kebangkitan Usaha Ibu Dini Yang Sempat Terpuruk

Ibu Nurlia Dini dibantu Baznas hinggau ushanya eksis dan berhasil/Dok. Baznas

RMOLBANTEN Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program BAZNAS Microfinance memberi dampak positif kepada kehidupan keluarga Nurliah Dini, salah seorang mitra mustahik asal Matraman, Jakarta Timur.

Awalnya, Dini sempat membuka usaha namun mengalami kegagalan. Dini, sapaan akrabnya, harus menelan pil pahit kala usaha bunga hiasnya yang telah dijalani selama empat tahun terakhir di Blok M Square harus gulung tikar.

Padahal usaha itu ia rintis secara perlahan berbekal tabungannya selama 21 tahun menjadi pegawai bunga hias. Omzet yang terus menurun membuatnya tak punya pilihan, selain menutup tokonya.
 
"Berbekal modal Rp 600.000, saya membuka usaha kuliner kecil-kecilan di sekitar rumah, dengan berjualan nasi uduk dan aneka lauk matang," ujarnya.

Kemudian usaha barunya itu berkembang pesat. Selain jumlah pelanggan yang meningkat, Dini juga sering mendapat orderan nasi boks, snack, atau tumpeng jika ada acara. Kelezatan racikan masakan Dini telah tersebar, hal itu pula yang menjadikan dagangannya laris.

Dini lantas ingin mengembangkan usaha kulinernya. Namun sayang, keterbatasan modal jadi kendala. Pada saat itulah Dini mendapat informasi dari rekannya bahwa BAZNAS Microfinance sedang membuka pendaftaran bagi pelaku usaha mikro untuk menjadi mitra mustahik binaan.  

BAZNAS Microfinance memberikan pembiayaan modal usaha tanpa bunga, selain pembinaan dan pelatihan secara intensif. Berbekal bantuan pembiayaan yang diberikan BAZNAS Microfinance, Dini mulai menggeliat dalam meningkatkan produksi usaha  kulinernya.

Ia pun berinovasi tak hanya menjual nasi uduk, namun juga menambah varian menunya, ada nasi bakar, pastel, lontong sayur, dan nasi ulam. Usaha yang dirintisnya pun semakin pesat. Ia pun tak lupa saling berbagi kepada yang membutuhkan.

"Jika jualan tidak habis, saya membagikannya kepada tetangga-tetangga yang membutuhkan. Semoga itu menjadi jalan keberkahan bagi usaha saya," ucap Dini.  

Selain itu, Dini juga sering bersedekah melalui gerakan Jumat Berbagi bersama rekan-rekan pengajiannya. Dini pun turut memberdayakan warga sekitar dalam membantu usahanya.  

Keuletan Dini dalam berusaha juga ditunjang dengan kerajinannya mengikuti pembinaan dan kegiatan BAZNAS Microfinance. Berbagai pelatihan dan acara yang diadakan, tak pernah dilewatkannya. Mulai pelatihan kewirausahaan hingga Pasar Rakyat BAZNAS.

Dini menganggap, selain ilmu yang ia dapatkan, berbagai kegiatan positif itu juga bisa menambah relasi dan pangsa pasar usahanya. Pasar Rakyat BAZNAS yang digelar rutin setiap bulan di Car Free Day (CFD) Jakarta Timur, dimanfaatkan Dini untuk memperkenalkan usaha kulinernya ke masyarakat luas.

Pandemi Covid-19 yang melanda cukup membuat usahanya goyah. Pembatasan membuat konsumen sepi. Namun demikian, Dini tak patah semangat. Dia kembali berinovasi dengan mengembangkan sayapnya, yakni melalui aplikasi perpesanan, WhatsApp. Dia memanfaatkan WhatsApp Group untuk memasarkan jualannya

Kemudian, pesanan konsumen diantar ke rumah konsumen. Dini juga menambah varian jualannya, selain aneka lauk matang, ia juga berjualan sayur-mayur.

Berkat relasi dan pelayanannya selama ini, konsumen Dini tetap loyal berbelanja secara online. Omzet yang diraihnya terus mengalami peningkatan. Kini, dia bisa mengantongi Rp 600.000 hingga Rp 700.000 per hari.

"Adaptasi terhadap perubahan kondisi sangat penting agar bisa tetap survive di tengah krisis yang sedang terjadi," ujar Dini

Dia berharap usahanya akan terus berkembang sehingga bisa menebar kebaikan dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

BAZNAS mengajak Anda untuk membantu masyarakat rentan lain yang terimbas pandemi Covid-19 agar dapat bangkit kembali, dengan menyalurkan dana terbaik melalui daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening.

Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly/WhatsApp-087877373555.

Anda bisa menunaikan zakat ke BAZNAS melalui berbagai rekening bank berikut:
 
BSI 9555.555.400, BCA 686.0148.755, BNI 555.5505.027, Mandiri 0700.0018.55555 a.n
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). [ars]

Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds