Dosen Hukum Unpam: Tidak BAP Terduga Pelaku Pencabulan Adalah Langkah Keliru!

Hukum  KAMIS, 21 OKTOBER 2021 , 09:36:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Dosen Hukum Unpam: Tidak BAP Terduga Pelaku Pencabulan Adalah Langkah Keliru!

Ilustrasi pencabulan/Net

RMOLBANTEN Terduga pelaku yang diduga melakukan pencabulan terhadap gadis berusia 14 tahun berinisial Y tidak sempat menjalani Berita Acara Pemeriksaan (BAP), dikarenakan korban tidak membuat laporan. Kasusnya berhenti dengan kekeluargaan.

"Korban kemarin tidak ingin membuat laporan polisi. Diselesaikan secara kekeluargaan atas permintaan dari korban," kata Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Tangsel, Ipda Tita Puspita dalam keterangannya, Rabu (20/10).

Lanjut Tita, meski terduga pelaku sudah diamankan di Polres, karena korban tidak ingin membuat laporan. Pihaknya tidak sempat melakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Kemarin sudah diamankan di Polres, tetapi dari korban tidak ingin membuat laporan polisi dan ingin diselesaikan secara kekeluargaan. Jadi belum sempat di BAP," ungkapnya.

Apa yang dilakukan Polres Tangsel melalui unit Perlindungan Perempuan dan Anak mendapat sorotan tajam dari Akademisi Hukum Pidana Universitas Pamulang (Unpam), Halimah Humayrah Tuanaya.

"Ironis apabila Kepolisian Resor Tangerang Selatan tidak melanjutkan proses hukum kejahatan pencabulan terhadap anak, padahal kejahatan ini merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime)" kata Halimah dalam keterangannya, Rabu (20/10).

Lanjut Halimah, ia meminta polisi melakukan penyidikan peristiwa ini dengan sungguh-sungguh, mengingat korban adalah anak-anak.

"Karena korbannya anak-anak, Kanit PPA seharusnya memberikan perhatian lebih terhadap perkara ini. Saya berharap, Kanit PPA Polres Tangerang Selatan segera melakukan korkesi atas kekeliruannya. Dan melakukan proses hukum atas peristiwa tersebut" tegasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds