BAZNAS Bantu Tingkatkan Penghasilan Tukang Ojek Gunung Ini

Ekbis  KAMIS, 21 OKTOBER 2021 , 19:55:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

BAZNAS Bantu Tingkatkan Penghasilan Tukang Ojek Gunung Ini

Dani Solahudin semula tukang ojek, kini jadi peternak/Repro

RMOLBANTEN Bekerja sebagai tukang ojek gunung di Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi keseharian Dani Solahudin.

Di usianya yang menginjak 25 tahun, Dani telah berperan sebagai tulang punggung keluarga, guna mencukupi segala kebutuhan. Selain kebutuhan pokok keluarga, Dani juga harus memenuhi keperluan sang anak yang akan beranjak sekolah.

Jika bernasib baik, Dani bisa mendapatkan sekitar Rp20 ribu tiap hari dari hasil mengantar penumpang ojek naik turun gunung. Kebanyakan penumpangnya adalah warga sekitar yang beraktivitas di ladang atau kebun di atas gunung.

Namun ketidakpastian mendapat penumpang, tentu berimbas pada penghasilan yang dirasa kurang untuk menopang perekonomian keluarga, terlebih dia sering kali hanya membawa pulang kurang dari Rp20 ribu.

Kini Dani bisa bernapas lega. Semenjak menjadi peternak mustahik binaan BAZNAS dan tergabung sebagai anggota kelompok Barokah di Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Garut pada September 2020, perlahan kehidupannya mulai membaik.

Dani memelihara ternak bantuan dari BAZNAS dengan telaten dan penuh tanggung jawab. Apalagi BAZNAS tak hanya memberikan bantuan saja, namun juga memberi pendampingan dan pelatihan kepada mustahik binaan agar bisa berkembang dan mandiri.

Salah satu kemajuan yang didapat Dani sangat terasa, salah satunya saat momen Idul Adha tahun 2021, yang pertama dilakoninya sebagai seorang peternak.

Dani termasuk salah satu peternak yang mendapatkan untung dari hasil penjualan hewan ternak, dengan omzet sebesar Rp5.550.000. Kini bermodal sembilan ekor ternak, Dani terus memberikan upaya terbaik dalam mengurus hewan ternaknya.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dengan hasil yang didapat. Semoga ternak kami dapat terus berkembang dan memberi banyak manfaat. Terima kasih kepada BAZNAS dan muzaki yang telah menyisihkan dananya dalam membantu menyejahterakan peternak mustahik," katanya.

Kini Dani bisa mendapatkan penghasilan lebih dari usaha beternaknya. Apalagi di Balai Ternak BAZNAS juga menerapkan 'integrated faming', yang bisa menambah pemasukannya, di samping menjadi ojek gunung di sela waktu beternak.

Dani berharap, pendapatannya dan peternak lain dapat terus meningkat untuk kemudian mandiri secara ekonomi, hingga mampu memenuhi kebutuhan harian keluarga serta menyekolahkan anaknya. Dani memiliki mimpi untuk memperbaiki kehidupan keluarga kecilnya, serta menyekolahkan anaknya hingga sarjana.

BAZNAS mengajak Anda untuk turut membantu mewujudkan mimpi mustahik binaan dengan menyalurkan donasi terbaik melalui BAZNAS di link https://baznas.go.id/bayarzakat, atau melakukan transfer ke daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening.

Anda juga bisa melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly/WhatsApp-087877373555.

Anda juga bisa menunaikan zakat melalui berbagai rekening bank berikut:

BSI 9555.555.400, BCA 686.0148.755, BNI 555.5505.027, Mandiri 0700.0018.55555 a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). [ars]

Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds