Video Kilang Minyak Di Cilacap Terbakar, Pertamina Belum Tahu Penyebabnya

Keamanan  SABTU, 13 NOVEMBER 2021 , 22:58:00 WIB | LAPORAN: FAISAL ARISTAMA

Video Kilang Minyak Di Cilacap Terbakar, Pertamina Belum Tahu Penyebabnya

Ilutrasi kebakaran kilang minyak/Net

RMOLBANTEN Kebakaran hebat terjadi di lokasi Kilang Minyak  kawasan Cilacap, Jawa Tengah sekitar Pukul 19.00 WIB, Sabtu (13/11).

Dalam sebuah video berdurasi sekitar 8 detik yang beredar di grup WhatsApp. Tampak dalam video tersebut kobaran api meluap tinggi ke langit.

Masih dalam video tersebut, terdengar suara teriakan dari warga yang menggunakan bahasa Jawa mengungkapkan bahwa kebakaran berasal dari kilang minyak Pertamina di Cilacap.

"Pertamina njeblug (kebakaran) woy, kiye Cilacap," teriak seseorang dalam video tersebut.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui pasti dari mana sumber kobaran api tersebut dan terjadi di wilayah mana.

Benarkan Kejadian


PT Pertamina Internasional membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran tangki berisi produk Pertalite di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu malam (13/11) sekitar pukul 19.20 WIB.

"Saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran," kata Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu malam (13/11).

Ifki mengaku hingga saat ini belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran.

Namun katanya, upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar.

"Sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran," ucapnya.

Pertamina, masih kata Ifki, tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian, guna memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

"Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman," tuturnya.

Ditambahkan Ifki, Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan. [ars]


Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds