Anggotanya Ditangkap Densus 88, Ketum MUI Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi

Politik  RABU, 17 NOVEMBER 2021 , 15:44:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Anggotanya Ditangkap Densus 88, Ketum MUI Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi

Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar/Net

RMOLBANTEN Salah satu dari tiga orang yang diduga teroris dan ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dibenarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan pengurus MUI.

Yang ditangkap yaitu Zain an-Najah (ZN) yang diketahui menjadi anggota Komisi Fatwa MUI.

"Yang bersangkutan adalah Anggota Komisi Fatwa MUI yang merupakan perangkat organisasi di MUI yang fungsinya membantu Dewan Pimpinan MUI," kata Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar dalam keterangan tertulisnya, Rabu siang (17/11).

Dugaan keterlibatan ZN dalam gerakan jaringan terorisme, kata Akhyar sepenuhnya merupakan urusan pribadinya dan tidak ada sangkut pautnya dengan MUI.

MUI menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada aparat penegak hukum dan meminta agar aparat bekerja secara profesional dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah dan dipenuhi hak-hak yang bersangkutan untuk mendapatkan perlakuan hukum yang baik dan adil.

"MUI berkomitmen dalam mendukung penegakan hukum terhadap ancaman tindak kekerasan terorisme, sesuai dengan fatwa MUI Nomor 3/2004 tentang Terorisme," tegasnya.

Akhyar mengimbau masyarakat untuk menahan diri agar tidak terprovokasi dari kelompok-kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan tertentu.

Serta, MUl mendorong semua elemen bangsa agar mendahulukan kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan keutuhan dan kedamaian bangsa dan negara.

Atas inisiden ini, MUI menonaktifkan ZN sebagai pengurus di MUI Pusat. Sampai ada kejelasan berupa keputusan yang berkekuatan hukum tetap. [ars]

Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds