Urus PTSL Sejak 2017 Belum Selesai, Warga Keluhkan Kinerja BPN Tangsel

Kota Tangerang Selatan  RABU, 17 NOVEMBER 2021 , 16:32:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Urus PTSL Sejak 2017 Belum Selesai, Warga Keluhkan Kinerja BPN Tangsel

Kantor ATR/BPN Kota Tangsel/FIR

RMOLBANTEN. Warga mengeluhkan lambannya proses pengurusan sertifikat melalui program PTSL Kantor BPN Kota Tangsel.

Salah satu warga Serpong, Puji mengaku bidang tanah miliknya seluas 100 meter persegi sudah diukur oleh petugas BPN pada 2017 lalu. Namun, hingga kini dirinya belum menerima sertifikat.

"Pihak kelurahan maupun satgas yang mengurus proses PTSLnya, saat ditanya bilangnya nanti-nanti saja, sampai sekarang tidak ada kejelasannya," katanya, Rabu, (17/11).

Terpisah, Kepala Kantor BPN Tangsel, Harison Mocodompis mengatakan, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang telah diluncurkan sejak 2017, terus dipercepat oleh Kantor BPN Kota Tangerang Selatan.

Hingga saat ini tercatat masih ada sekitar 3.000 lebih berkas bidang tanah yang belum selesai penerbitan sertifikatnya, yang di data melalui program PTSL.

"Saat ini kami terus berupaya untuk melakukan percepatan penyelesaian program PTSL, rencananya pada HUT Tangsel ke-13, kita akan serahkan 1.000 sertifikat," ujarnya.

Ditambah Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Kantor BPN Tangsel, Suwito Haryati, pihaknya sudah berkordinasi dengan instansi terkait termasuk DPRD Kota Tangsel, terkait penyelesaian program PTSL ini.

"Kita (Kantor BPN Tangsel, red) menargetkan seluruh berkas akan selesai di akhir 2021 mendatang. Bahkan pihak DPRD juga mengapresiasi langkah kita dalam menyelesaikan persoalan ini," ujar Haryati.

Masih kata Haryati, persoalan ribuan bidang yang belum terurus saat ini adalah persoalan data. Selain itu, ada bermacam-macam persoalan hingga ribuan bidang tanah belum terurus, mulai dari kelengkapan dokumen, dan juga persoalan adminstrasi seperti tunggakan pajak yang belum terselesaikan.

"Nah yang belum selesai ini, persoalannya beragam, mulai dari dokumen yang belum lengkap, mungkin karena ketidakmampuan membayar pajak. Ada juga karena memang koordinasinya atau karena orangnya sudah pindah. Tapi intinya kami semangat dan serius menyelesaikan persoalan ini," tegasnya.

"Kantor BPN Kota Tangsel akan menyerahkan sebanyak 1.000 sertifikat tanah kepada masyarakat, pada HUT Tangsel ke-13, yang digelar 26 November 2021 mendatang," pungkas Haryati. [ars]

Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds