Pemkot Serang Sertakan Modal Ke BJB, Bank Banten Ngapain Aja!

Ekbis  JUM'AT, 19 NOVEMBER 2021 , 16:00:00 WIB | LAPORAN: HENDRA HENDRAWAN

Pemkot Serang Sertakan Modal Ke BJB, Bank Banten Ngapain Aja<i>!</i>

Walikota Serang, Syafrudin/HDR

RMOLBANTEN DPRD Kota Serang menyetujui Usulan Raperda tentang penyertaan modal Pemerintah Daerah Kota Serang kepada Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB). Langkah tersebut merupakan tamparan sendiri buat Bank Banten yang nota bene berkantor di Kota Serang.

Keputusan penyertaan modal sendiri disahkan melalui rapat paripurna Persetujuan Bersama Terhadap Raperda Usul Walikota Serang Raperda Tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kota Serang pada Bank BJB di Gedung DPRD Kota Serang, Kamis (18/11).

Walikota Serang, Syafrudin mengatakan bahwa usulan penyertaan modal kepada Bank BJB sudah disampaikan sejak 2019 yang lalu. Akan tetapi, usulan yang harus melalui mekanisme Perda tersebut baru selesai difasilitasi oleh Pemprov Banten pada 2021 ini.

"Pemkot Serang akan menerima beberapa manfaat atau imbal balik usaha. Terutama pemanfaatan ekonomi seperti bunga, deviden, royalti, dan manfaat sosial seperti CSR serta pemanfaatan lainnya. Selain itu juga karena RKUD kita di Bank BJB," katanya.

Syafrudin mengatakan, besaran penyertaan modalnya sebesar Rp25 Miliar. Tetapi untuk pembayaran akan dibayarkan pada tahun 2022 sebesar Rp10 Miliar. Untuk selanjutnya sisanya atau yang Rp15 miliar akan dibayarkan secara bertahap.

"Sisanya kita atur kemudian," ungkapnya.

Sementara itu, alasan kenapa memilih Bank BJB bukan Bank Banten, orang nomor satu di Kota Serang ini mengungkapkan karena belum ada penawaran dari Bank Banten.

"Belum ada penawaran dari Bank Banten. Kalau sehat tidaknya mah saya tidak tau. Yang jelas dari Bank Bantennya belum ada penawaran," katanya.

Syafrudin mengaku, sebelumnya memang Ada MoU dengan Bank Banten kaitannya penarikan pajak, tetapi hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya.

"Waktu itu memang ada MoU, tapi sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya. Kalau ada penawaran dari Bank Banten, bisa saja ke Bank BJB ada ke Bank Banten ada," terangnya. [ars]

Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds