Pimpinan Komisi VI Tak Percaya Petir jadi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap

Politik  RABU, 24 NOVEMBER 2021 , 01:11:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pimpinan Komisi VI Tak Percaya Petir jadi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap

Kunjungan Komisi VI di kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah/Net

RMOLBANTEN  Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal meminta agar Pertamina segera menyelesaikan investigasinya terkait terjadinya kebakaran, dan menindaklanjuti agar tidak lagi terjadi kebakaran di area kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah.

Hekal menyampaikan itu saat Komisi VI DPR RI melakukan pertemuan dengan PT Pertamina pasca terbakarnya kilang minyak milik PT Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Menurutnya kejadinya kebakaran tersebut berdekatan dengan kebakaran di kilang Pertamina Balongan, Indramayu yang juga terjadi di tahun yang sama. Selain juga meminta keselamatan masyarakat sekitar kilang diprioritaskan.

"Kami meminta bagaimana pertamina bisa memperbaiki kondisi ini. Jangan sampai pertamina yang kita banggakan ini beritanya hanya musibah dan kecelakaan saja. Selain itu agar masyarakat sekitar dilindungi dengan memberikan alternative relokasi atau relokasi fasilitas segera dikaji dan diutuskan,” kata Mohamad Hekal dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11).

Hekal meragukan jika dikatakan penyebab kebakaran adalah petir.

Menurutnya jika memang disebabkan oleh petir, maka akan terjadi banyak kebakaran kilang nantinya, karena saat ini dan ke depan sudah masuk musim hujan.

"Kalau yang disampaikan bahwa kebakaran ini dikaitkan dengan petir adalah benar, maka musim hujan akan terus terjadi sampai beberapa bulan ke depan. Ini rasanya tidak mungkin kilang hanya musim hujan terjadi kebakaran," ujarnya menekankan.

Karena itu, Komisi VI DPR RI terus menunggu evaluasi dan investigasi kebakaran kilang Cilacap, yang dilakukan Pertamina. Kalau dalam satu tahun, Hekal menambahkan, bisa terjadi tiga kali kebakaran kilang, ini menurutnya bisa dibilang bukan sekedar kecelakaan.

"Memang tadi disebutkan ada beberapa tangki yang sedang dimodifikasi. Apakah itu menjadi penyebabnya, ini belum tuntas, kita tunggu saja," pungkasnya.

Dari keterangan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, bahwa dugaan sementara penyebab terbakarnya kilang minyak PT Pertamina RU IV Cilacap akibat sambaran petir.

Hal itu diperkuat dengan keterangan enam orang saksi, yakni lima orang saksi dari pihak eksternal dan seorang saksi dari pihak BMKG yang mengatakan sesaat sebelum kejadian terjadi hujan sangat lebat dan adanya suara petir.

"Polda Jateng telah melakukan penyelidikan dan penyidikan dibantu Puslabfor Mabes Polri. Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap 6 orang saksi. Dari saksi eksternal dan benar bahwa pada hari Sabtu 13 November 2021 melihat di TKP adanya hujan dan petir di wilayah tersebut,” kata Irjen Ahmad Luthfi.[ars]


Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds