Cuaca Ekstrem Di Lebak, Satu Sekolah Rusak Berat Dan Delapan Siswa Terluka

Kabupaten Lebak  KAMIS, 25 NOVEMBER 2021 , 00:31:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Cuaca Ekstrem Di Lebak, Satu Sekolah Rusak Berat Dan Delapan Siswa Terluka

Cuaca ektrem di Lebak menyebabkan longsor/Repro

RMOLBANTEN Delapan Kecamatan di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dilanda cuaca ekstrem pada Selasa, (23/11) pukul 04.00 WIB. Akibatnya dilaporkan, ada satu unit sekolah rusak berat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, laporan BPBD Kabupaten Lebak menyatakan dampak cuaca ekstrem itu juga membuat delapan siswa mengalami luka ringan akibat terkena puing-puing bangunan.

Menurut Muhari, peristiwa ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang berujung pada meluapnya Sungai Rambut serta memicu terjadinya longsor dan angin kencang di beberapa titik.

"Kedelapan titik lokasi bencana tersebut berada di Kecamatan Cigemblong, Kecamatan Maja, Kecamatan Bojongmanik, Kecamatan Wanasalam, Kecamatan Cikulur, Kecamatan Cihara, Kecamatan Cibeber, dan Kecamatan Panggarangan," demikian penjelasan Muhari, Rabu malam (24/11).

Selain itu, BPBD Kabupaten Lebak mencatat terdapat 44 KK menjadi korban terdampak dengan kerugian material berupa 35 unit rumah terendam banjir.

Selain itu, 9 rumah mengalami rusak dengan tingkat beragam dari ringan hingga berat. BPBD juga melaporkan 1 unit sepeda motor rusak dan 2 ruas jalan harus terputus akibat longsor.

Merespons peristiwa ini, BPBD Kabupaten Lebak menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menyambangi lokasi terdampak dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk segera memberikan penanganan.

Kata Muhari, BPBD Kabupaten Lebak bersama dinas PU Provinsi telah menurunkan alat berat ke ruas jalan warung Cibeber, Banten.

"Untuk membersihkan material longsor yang menutup akses jalan dan pembersihan puing-puing material bangunan pada sekolah yang roboh," demikian keterangan Muhari. [ars]


Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds