Ciptakan Influencer Islam Moderat, Muhammadiyah Gandeng BNPT

Keamanan  KAMIS, 25 NOVEMBER 2021 , 11:26:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Ciptakan Influencer Islam Moderat, Muhammadiyah Gandeng BNPT

Logo BNPT dan Muhammadiyah/Repro

RMOLḄANTEN Lembaga Kerja Sama dan Hubungan Internasional (LHKI) PP Muhammadiyah menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Hal itu dilakukan dalam rangakan pengarusutamaan pandangan Islam Wasathiyah atau Islam Moderat

Kerjasama PP Muhammadiyah dengan BNPT dengan menggelar pelatihan Da'i/Da'iyah dan aktivis Muhammadiyah untuk mengkampanyekan Islam Wasatiyah di media sosial (medsos).

Pelatihan sudah digelar pada Selasa kemarin (23/11) dengan tema "Kader Perintis Moderasi".

Ketua LHKI PP Muhammadiyah, KH. Muhyidin Junaidi menjelaskan, pelatihan dimaksudkan untuk mendorong kaum muda Muhammadiyah agar tampil paling depan dalam mensyiarkan Islam Wasatiyah di medsos.

"Sebagai bagian dari dakwah amar ma'ruf nahi mungkar," ujar Muhyidin dalam keterangan tertulisnya, Rabu malam (24/11).

Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Syafiq A. Mughni, yang mengingatkan agar dalam bermedia sosial kader Muhammadiyah harus senantiasa mengedepankan tabayyun.

"Dan meng-counter Islamophobia yang sering dihembuskan melalui isu radikalisme dan terorisme," katanya.

Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh LHKI PP Muhmmadiyah sebagai bagian dari pencegahan terorisme dan ekrtrimisme dengan pendekatan holistik.

Dikatakan Nurwakhid, maraknya konten dan narasi ekstrim yang dapat menjurus pada aksi terorisme di medsos harus dicegah melalui sinergitas dari semua elemen bangsa.

"Utamanya dari Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam yang tak lelah mensyiarkan Islam Wasatiyah di tengah-tengah masyarakat," ucap Nurwakhid.

Salah satu narasumber dalam pelatihan tersebut, Wachid Ridwan selaku Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah dalam penguatan Islam Wasatiyah.

"Sebagai contoh, partisipasi masyarakat tinggi dalam pencegahan radikalisme dan ekstrimisme, maka aksi terorisme bisa berkurang," ujarnya.

Narasumber lain, Ai Fatimah selaku Wakil Dekan UHAMKA, menyampaikan pentingnya peran ormas Islam Muhammadiyah dalam mengarusutamakan Islam Wasathiyah, dan mencegah radikalisme dan ekstremisme di kalangan masyarakat Indonesia yang beragam.

"Karena Muhammadiyah  memiliki modal sosial yang cukup kuat," demikian Ai Fatimah menambahkan. [ars]


Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds