Duet Anies-Puan Ideal! Pendukungnya Seperti Minyak Dan Air, Sulit Disatukan

Politik  JUM'AT, 26 NOVEMBER 2021 , 17:24:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Duet Anies-Puan Ideal<i>!</i> Pendukungnya Seperti Minyak Dan Air, Sulit Disatukan

Kolase Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPR RI Puan Maharani/Net

RMOLBANTEN Pemetaan calon di Pilpres 2024 semakin riuh. Terbaru ramai duet Anies Baswedan dan Puan Maharani.

Walau terlihat ideal paket Anies dengan Puan memiliki plus minus. Plusnya, duet Anies dan Puan otomatis dapat diusung oleh PDIP. Partai ini pemenang Pemilu 2019 dan dapat mengusung sendiri pasangan capres dan cawapres.

"Anies tidak perlu lagi mencari partai politik untuk mengusungnya," ujar pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga dalam keterangannya di Jakarta, Jumat siang (26/11).

Secara teori pasangan Anies-Puan merupakan kombinasi religius dan nasionalis, sehingga dapat mengakomodir calon pemilih. Suka tidak suka, religius dan nasionalis merupakan cermin masyarakat Indonesia.

Duet Anies dan Puan akan diusung partai politik yang kadernya militan. Hal ini menggaransi pasangan Anies-Puan akan didukung mesin politik yang solid yang dengan mudah digerakkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Minusnya, duet Anies dan Puan didukung oleh kekuatan yang  berbeda. Pada umumnya, pendukung Anies tidak menyukai Puan dan PDIP. Sebaliknya, pendukung Puan dan kader PDIP tidak menyukai Anies," tuturnya.

"Jadi pendukung Anies dan Puan seperti minyak dan air, sehingga sulit untuk bersatu. Karena itu, para pendukung  bukan menyatu untuk membesarkan duet Anies dan Puan, tapi justeru akan berpeluang untuk saling meniadakan," demikian Jamiluddin. [ars]

Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds