Banyak Yang Tak Kenal! Inilah Iyan Sofyan, Penciptan Lagu Mars Tangerang Dengan Banyak Prestasi

Pariwisata & Budaya  SENIN, 29 NOVEMBER 2021 , 10:20:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Banyak Yang Tak Kenal! Inilah Iyan Sofyan, Penciptan Lagu Mars Tangerang Dengan Banyak Prestasi

Pencipta lagu mars dan hymne Tangerang, Iyan Sofyan/Repro

RMOLBANTEN Tak banyak masyarakat tah pencipta lagu Mars dan Hymne Tangerang. Dia adalah Iyan Sofyan Wiradinata, pria kelahiran Bandung 16 Juni 1946.

Hasil ciptaanya bahkan dibuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 1991.

Tidak hanya lagu mars dan hymne Tangerang, masih banyak lagu yang diciptakan iyan yang jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan sampai ratusan. Lagunya bisa diklasifikasikan sebagai lagu anak-anak, lagu religius, dan lagu umum.

Dikutip dari Diskominfo Kabupaten Tangerang, Iyan menceritajan awal mula sebelum terciptanya mars Kabupaten Tangerang pada tahun 1987 Silam. 

"Daerah ini penting memiliki identitas, salah satunya mars daerah. Karenanya, diadakanlah perlombaan membuat Mars Tangerang bagi masyarakat umum. Lomba ini disambut antusias dengan banyaknya pendaftar," ucapnya.

Pada saat lomba digelar tahun 1987, Iyan merupakan seorang guru seni musik di Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Dia mengajukan tiga karya pada lomba tersebut. Kecintaannya terhadap musiklah yang membuatnya berani untuk mengikuti lomba.

"Pada waktu digelarnya lomba saya sempat mengajukan tiga karya lagu mars Tangerang dengan konsep Visi dan misi Pemkab Tangerang. Ketika mau diumumkan, ada panitia datang ke saya. Dia bilang, karya saya dua-duanya menang juara 1 dan 2 (Sementara karya peserta) yang lainnya tidak memenuhi syarat. Malahan yang juara tiga itu saya yang diminta revisi supaya bisa memenuhi syarat," ujarnya.

Saat akan dilakukan pengumuman, pihak panitia meminta lagu yang menjadi pemenang tersebut ditampilkan di depan Bupati Tangerang Tadjus Sobirin (bupati saat itu).

"Setelah ditampilkan, pak bupati itu seneng. Kagum dengan penampilan Mars Kabupaten Tangerang itu," jelasnya.

Untuk melengkapi Mars Tangerang, dibuatlah lagu Hymne Tangerang sebagai persembahan khusus dari RN. Sutarmas.

Menurut Iyan, sebuah lagu merupakan karya intelektual dan tak bisa diciptakan sembarangan. "Sebuah lagu merupakan karya seni dan budaya yang intelektual. Saya sebagai seniman tentu harus mengangkat seni secara betul-betul dan tidak sembarangan," tegasnya.

Iyan adalah salah seorang yang pernah mendapat bingkisan khusus dari Ibu Negara Tien Soeharto, di Sasana Langen Budoyo Taman Mini atas Lagu Bina Keluarga Balita pada 1991.

Yan juga pernah mendapat Piagam Kehormatan dari Pak SBY atas pengabdiannya sebagai guru selama 33 tahun, pada 18 Agustus 2008.

Iyan juga pernah menerima penghargaan dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah atas pengabdian dan memajukan seni budaya Banten pada 2008.

Bahkan, pria kelahiran Bandung, 16 Juni 1948 ini, pernah menjadi tamu undangan istimewa dari Raja Thailand Bumi Bool, untuk mengikuti Festival Seni di Bangkok dalam rangka Ulang Tahun Raja ke 80 pada 2007 lalu. [ars]

Komentar Pembaca
Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

SABTU, 19 MARET 2022 , 13:19:00

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

SABTU, 12 MARET 2022 , 21:06:00

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

SENIN, 14 MARET 2022 , 15:23:00

The ads will close in 10 Seconds