Puluhan Rumah Di Pandeglang Rusak Terdampak Pergeseran Tanah

Daerah  SELASA, 30 NOVEMBER 2021 , 21:26:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Puluhan Rumah Di Pandeglang Rusak Terdampak Pergeseran Tanah

Rumah Pandeglang rusak terkena pergeseran tanah/MUL

RMOLBANTEN. Pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Embe, Desa Parigi, Kecamatan Saketi Kabupten Pandeglang, menyebabkan 12 rumah warga rusak, pada Selasa (30/11). Pergerakan tanah tersebut diduga diakibatkan oleh intensitas hujan yang sangat tinggi yang terjadi beberapa hari lalu.

Berdasarkan pantauan wartawan, setidaknya ada 12 rumah yang mengalami kerusakan dari mulai rusak ringan hingga rusak berat. Pergerakan tanah sudah terjadi sejak senin 22 November 2021 dan menyebabkan rumahnya rusak berat. Beruntung, saat bencana tersebut terjadi tidak ada korban jiwa.

"Kejadiannya dari siang sampe malem itu, terjadi dari hari Senin kemarin (22/11), tapi sampe sekarang juga pergerakan tanah masih berlangsung, karena beberapa rumah warga tadi pagi ada yang ambruk lagi dapurnya," kata Aminah, saat ditemui di rumahnya, Selasa, (30/11).

Akibatnya aminah dan keluarga tidak bisa kembali menempati rumah yang telah dihuni selama belasan tahun dengan alasan keselamatan keluarganya.

"Sekarang tinggal di rumah orang tua, ya tidak akan saya tempati lagi, karena bakalan bergeser lagi tanahnya. Ya semoga pemerintah bisa membantu membangun rumah lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Arif Ketua RT Kampung Kadu Embe mengatakan, sebanyak 12 rumah yang terdampak pergeseran tanah termasuk rumahnya. Hal tersebut pun sudah dilaporkan kepada pihak pemerintah. Ia menyebutkan, pergerakan tanah sudah sering terjadi jika curah hujan tinggi, namun pergerakan tanah ini merupakan peristiwa terparah.

"Kalau total ada 12, yang rusak parah ada 4 rumah, yang mengungsi baru dua. Pergerakan tanah ini sudah sering terjadi, tapi ini yang lebih parah. Alhamdulillah bantuan sudah ada seperti sembako," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds