Kota Tangerang Masuk PPKM Level 2, Arief: Data WNA Dari Bandara Soekarno-Hatta

Kesehatan  RABU, 01 DESEMBER 2021 , 20:02:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Kota Tangerang Masuk PPKM Level 2, Arief: Data WNA Dari Bandara Soekarno-Hatta

Tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta/DOK

RMOLBANTEN. Wilayah Kota Tangerang kembali masuk dalam penerapan PPKM Level 2. Hal tersebut lantaran angka tracing penularan Covid-19 di Kota Akhlakul Karimah tersebut disebut rendah. 

Atas hal tersebut, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, kasus Covid-19 tersebut berasal dari WNA yang baru tiba di Indonesia dan melakukan karantina di wilayah Kota Tangerang. 

"Kesulitan kita itu, WNA-WNA yang positif (Covid-19) itu masuk datanya ke Kota Tangerang.  Karena kan mereka adanya di hotel-hotel bandara yang ada di Kota Tangerang," tuturnya.

Arief meminta WNA yang melakukan karantina di sejumlah hotel di Kota Tangerang, sebagai kewajiban masuk ke Indonesia. Ternyata WNA tersebut positif Covid-19, maka datanya dibedakan dari data sebaran kasus di Kota Tangerang. 

"Maksudnya begini, para WNA itu di PCR di bandara, lalu di karantina di wilayah Kota Tangerang, kemudian hasilnya positif, padahal dia tertularnya di luar negeri. Terus gimana kami tracingnya? Makanya kami minta dibedakan datanya, jangan disamakan dengan angka penularan biasa di Kota Tangerang," tutur Arief. 

Lantaran tidak bisa melakukan tracing inilah yang membuat catatan angka tracing di wilayah Kota Tangerang menurun. Padahal aturannya, temuan kasus penularan Covid-19 baru, maka harus 14 orang yang kontak erat harus ditracing. 

"Inilah yang membuat angka tracing di Kota Tangerang rendah, ya karena memang tidak bisa," kata Arief. 

Arief berharap pemerintah pusat bisa memberikan solusi terkait kasus seperti itu. Dia menambahkan pihaknya meminta pemerintah pusat dapat membedakan data WNA soal tracing.  

"Ya kita lagi nanya ke pusat. Ini kan hal teknis, jadi kita berharap, data tracing WNA itu dibedakan tidak dimasukin ke Kota Tangerang. Mudah-mudahan ada solusinya dari Kemenkes,” katanya. [ars]

Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds