Politisi Gerindra Desak Menteri BUMN Evaluasi Komisaris Pertamina

Politik  SABTU, 04 DESEMBER 2021 , 09:40:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Politisi Gerindra Desak Menteri BUMN Evaluasi Komisaris Pertamina

Tangkapan layar Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama Dan Wakil Komut Pahala Nugraha Mansury/Repro

RMOLBANTEN Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir harus segera mengevaluasi kinerja Komisaris PT Pertamina (Persero). Evaluasi penting dilakukan menyusul adanya komplain dari Presiden Joko Widodo terkait lambatnya realisasi proyek investasi di Pertamina.

Begitu disampaikan anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade, dikutip dari Kantor Berita Politik RMOLID, Sabtu (4/12).

"Saya mendengar itu lambat karena untuk proyek di atas 30 juta dolar AS, direksi Pertamina butuh persetujuan komisaris," ujar Andre.
 
Andre mengaku sudah menyampaikan itu di hadapan Menteri Erick Thohir saat rapat kerja Komisi VI DPR RI bersama Kementerian BUMN Erick Thohir, Kamis (2/12) lalu.

Kata Andre, di Pertamina ada beberapa proyek yang membutuhkan persetujuan komisaris, di antaranya proyek RDMP di Balikpapan dan proyek Olefin Complex Development di kawasan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), Tuban.

Namun dua proyek tersebut terbilang lambat sampai 6 bulan lebih hanya untuk menunggu persetujuan komisaris.

"Bagaimana proyek investasi bisa berjalan cepat kalau persetujuan komisaris turunnya 6 bulan lebih? Kita mau melakukan aksi korporasi yang cepat sesuai arahan presiden agar investasi jalan, atau kita mau berpolitik di dalam BUMN kita?" kritik Andre.

Baginya, tindakan komisaris terkesan telah menghambat realisasi proyek investasi di Pertamina dan bertentangan dengan arahan presiden.

"Ini perlu dievaluasi. Persetujuan komisaris itu harus ada jangka waktu yang jelas. Misal satu bulan untuk mengevaluasi, menginvestigasi proyek itu. Bukan batas waktunya enggak jelas," demikian Andre. [dzk]


Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds