Arsul Sani Minta Bareskrim Polri Turun Tangan Selidiki Insiden Napi Kabur Dari Lapas Tangerang

Hukum  SELASA, 14 DESEMBER 2021 , 00:54:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Arsul Sani Minta Bareskrim Polri Turun Tangan Selidiki Insiden Napi Kabur Dari Lapas Tangerang

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP, Arsul Sani/Ist

RMOLBANTEN Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri untuk ikut turun tangan dalam proses penyelidikan terhadap terulangnya insiden narapidana kabur dari Lapas Kelas I A Tangerang Banten.

Permintaan disampaikan Anggota Komisi III DPR Arsul Sani kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/12).

"Sebagai sebuah garis kebijakan setiap ada peristiwa apalagi yang ada indikasi 'permainan' itu maka perlu diserahkan kepada Bareskrim Polri untuk turun tangan," ujar Arsul.

Politisi PPP itu sangat menyayangkan terjadinya insiden kaburnya napi. Arsul menyebut Komisi III pada masa sidang selanjutnya akan kembali melakukan evaluasi terkait lembaga permasyarakatan yang ada. Apalagi insiden kasusnya narapidana ini di lapas yang sebelumnya mengalami kebakaran.

"Kan ini persoalan yg berulang-ulang maka setiap kemudian ada kejadian dan itu berulang, hemat saya itu tidak cukup kemudian ini diselidiki secara internal,"

Arsul juga mempersilahkan apabila internal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ingin melakukan penyelidikan untuk memberikan sanksi etik administratif.

"Kita tidak jamannya lagi untuk menutupi kekurangan yg ada di instansi kita dan kemudian kita tidak berani melakukan terobosan," katanya.

Arsul menjelaskan dengan dilakukan penyelidikan yang lebih mendalam, maka dapat menjadi bahan untuk perbaikan kebijakan termasuk SOP dan lain sebagainya.

"Karena itulah kita dorong juga Polri untuk masuk melakukan penyelidikan, ya belum tentu juga setelah diselidiki itu terbukti ada misalnya unsur-unsur atau masuk dalam kategori ranah pidana belum tentu juga," demikian Arsul. [ars]

Komentar Pembaca
Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

SABTU, 19 MARET 2022 , 13:19:00

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

SABTU, 12 MARET 2022 , 21:06:00

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

SENIN, 14 MARET 2022 , 15:23:00

The ads will close in 10 Seconds