Generasi Muda Perlu Memahami Lebih Dalam Moderasi Beragama

Nusantara  SENIN, 27 DESEMBER 2021 , 00:58:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Generasi Muda Perlu Memahami Lebih Dalam Moderasi Beragama

Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Surya Vandiantara (memegang mik)/Repro

RMOLBANTEN  Agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebih-lebihan generasi muda perlu memahami moderasi beragama dalam rangka mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang.

Pernyataan itu disampaikan salah satu Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Surya Vandiantara dalam acara yang diselenggarakan Yayasan Bina Insani Persaudaraan bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam rangka penguatan moderasi beragama untuk mewujudkan kebhinekaan.

"Moderasi beragama itu bagaimana kita mampu membudayakan tradisi dan itu bukan hanya sekedar tagline tapi juga bagaimana berbicara tentang cara berfikir dan juga perbedaan cara pandang. Moderasi itu tidak untuk menjadikan konflik," ujar Surya Vandiantara, Minggu (26/12).

Diterangkan Surya, paham esktrem dan radikalisme cepat menyebar, karena para pembawanya tidak langsung secara gamblang menjelaskan kegiatan-kegiatan ekstrem, akan tetapi diawali dengan membicarakan minat dan menjadikannya merasa ada kecocokan.

Kandidat Doktor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan, perbedaan pandangan dalam beragama tidak lantas menciptakan konflik atas pandangan perbedaan tersebut. Artinya memoderasi beragama ada untuk menjaga kebhinekaan dan menjaga persatuan.

"Maka dari itu, paham moderasi beragama ini harus digiatkan kepada generasi muda, untuk mewujudkan kebhinekaan dan keberagaman," tandasnya.

Sementara, Ketua Yayasan Bina Insani Persaudaraan, M Khubab Fairus mengatakan, Acara yang digelar kali ini merupakan implementasi moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana sasaran dari terselenggaranya acara ini adalah kalangan pemuda (millenial).

"Kegiatan ini diharapkan menjadikan generasi muda sebagai agen dalam meyuarakan moderasi beragama dan juga kegiatan ini bagian dari upaya untuk memperkokoh moderasi beragama untuk mewujudkan khebinekaan dengan nilai Islam rahmatan lil’alamin dan nilai Pancasila," tandasnya. [ars]



Komentar Pembaca
Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

SABTU, 19 MARET 2022 , 13:19:00

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

SABTU, 12 MARET 2022 , 21:06:00

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

SENIN, 14 MARET 2022 , 15:23:00

The ads will close in 10 Seconds