Luar Biasa! Selama Tahun 2021, Baznas Pusat Berhasil Himpun Dana Ummat Setengah Triliun Lebih

Nusantara  JUM'AT, 31 DESEMBER 2021 , 23:01:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Luar Biasa! Selama Tahun 2021, Baznas Pusat Berhasil Himpun Dana Ummat Setengah Triliun Lebih

Komisioner Baznas, Rizaludin Kurniawan/Ist

RMOLBANTEN Sebuah pencapaian luar biasa diraih Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI di tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Baznas berhasil menghimpun zakat, infak dan sedekah (ZIS) serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) sebesar Rp 513,2 miliar atau naik 102 persen dari target awal tahun 2021 sebesar Rp 503 miliar.

Angka tersebut telah melampaui target dengan peningkatan sebesar 33 persen dibanding pengumpulan sepanjang tahun 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat,  KH. Noor Achmad, dalam laporan pengumpulan akhir tahun 2021 dan sambut tahun baru 2022 yang dilaksanakan  secara daring dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube BAZNAS TV, Jumat (31/12).

"Meningkatnya jumlah penghimpunan zakat tidak lepas dari kinerja menyeluruh mulai dari penghimpunan hingga penyaluran zakat yang bermanfaat bagi penerima zakat atau mustahik," ujar Kiai Noor Achmad.

Diurai Kiai Noor Achmad, Baznas Pusat berhasil menghimpun ZIS dan DSKL sebesar Rp 513,2 miliar atau naik 102 persen dari target awal tahun sebesar Rp.503 miliar, kemungkinan masih akan terus bertambah karena masih ada waktu hingga pukul 00.00 WIB.

"Baznas, berterimakasih atas kepercayaan masyarakat yang sedemikian tingginya dalam menunaikan zakat, meskipun situasi sejak pandemi belum kembali pulih sempurna. Kepercayaan yang terus meningkat ini membuat Baznas makin bersemangat menjalankan visi menjadi lembaga utama menyejahterakan umat," ujarnya..

Lanjut Kiai Noor Achmad, pada tahun 2021, Baznas juga berhasil membukukan rasio penyaluran sebesar 82 persen melalui berbagai bidang untuk membantu mustahik mendapat penghidupan lebih baik.

"Angka 82 persen memiliki makna penyaluran terhadap pengumpulan ZIS dan DSKL di Baznas berjalan efektif. Sementara, sisa dana penghimpunan ZIS dan DSKL Bulan Desember tahun 2021 sebesar 18 persen akan disalurkan pada Januari 2022," tandas Kiai Noor.

Sementara, Komisioner Baznas, Rizaludin Kurniawan mengatakan, nilai penghimpunan ini merupakan pencapaian dari dua fungsi Baznas sesuai amanah UU no. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat yaitu sebagai koordinator dan pengendali dengan kewenangan membuat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di instansi pemerintah dan swasta sebesar 32 persen.

Sedangkan 68 persen lainnya merupakan pengumpulan zakat non UPZ sebagai amanah kontitusi dalam menjalankan fungsi operator melalui berbagai kemudahan layanan zakat yang Baznas sediakan.

Menurut Sekjen IKALUIN Jakarta itu, layanan kemudahan Baznas diantaranya melalui puluhan kanal digital, termasuk website baznas.go.id yang naik 51 persen dari tahun lalu menjadi sebesar Rp 136,99 Miliar.

Perolehan tersebut, kata Rizal menunjukkan banyaknya milenial yang mempercayakan zakatnya melalui Baznas.

"Tercatat sekitar 70 persen donatur Baznas sepanjang 2021 adalah anak muda dengan rentang usia 25 - 44 tahun. Mereka yang gemar berbagi memanfaatkan platform-platform digital dan layanan Baznas yang tersebar di banyak merchant untuk membayar zakat maupun bersedekah," ujar Rizal.

Layanan kemudahan lainnya, diterangkan Rizal, yakni melalui metode retail seperti transfer bank, pembayaran di sejumlah merchant seperti minimarket, pegadaian, kantor pos serta layanan zakat perusahaan, layanan potong langsung (zakat payroll system), CSR.

Atas pencapaiain itu, Rizaludin mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui pembayaran ZIS di layanan-layanan  yang Baznas sediakan.

Selain itu kami kami mohon doanya di tahun 2022 Baznas secara nasional punya target pengumpulan 26 triliun dengan target Baznas di tingkat pusat sebesar 760M naik 50 persen dari tahun 2021,” pungkasnya.

Menambahkan, Deputi Bidang Pengumpulan Baznas RI, M. Arifin Purwakananta mengatakan, bahwa pencapaian yang baik ini akan menjadi modal bagi pengumpulan ZIS dan DSKL tahun depan secara nasional dari Baznas dan LAZ yang ditarget sebesar 26 Triliun Rupiah.

"Perlu adanya semangat kolaborasi dan kerjasama antara semua pegiat zakat Baznas maupun LAZ se-Indonesia dan ekosistem zakat lainnya untuk mencapai target yang tinggi di tahun depan," demikian Arifin Purwakananta.

Turut hadir dalam konferensi pers secara daring tersebut Wakil Ketua Baznas Mokhamad  Mahdum, Pimpinan Baznas Bidang Penghimpunan Rizaludin Kurniawan, Pimpinan Baznas Zainulbahar Noor, Sekretaris Baznas Ahmad Zayadi dan Deputi I Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta. [ars]


Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds