Pendidikan Di Tangsel Belum Bebas Pungli

Pendidikan  SENIN, 10 JANUARI 2022 , 19:09:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Pendidikan Di Tangsel Belum Bebas Pungli

Ilustrasi pungli/NET

RMOLBANTEN. Inspektorat Tangsel sebagai unsur pengawas di pemerintah daerah, sepanjang 2021 menerima aduan atau laporan dari masyarakat mengenai pungutan di lingkup pendidikan.

Diakui Plt Kepala Inspektorat Tangsel, Achmad Zubair, selama 2021 ada 7 sampai 8 aduan yang diterima pihaknya.

"Kalau pengaduan masyarakat ada sekitar 7-8 pengaduan. Kebanyakan terkait dengan kayak sekolah ada pungutan di sini," kata Zubair di Balai Kota Tangsel, Senin (10/1).

Lanjut Zubair, pungutan di sekolah merupakan laporan paling menonjol di sepanjang tahun 2021.

"(Yang menonjol) berkaitan dengan pungutan. (Tapi) enggak pungli juga, karena dari Permendikbud kalau sumbangan dibolehkan yang tidak dibolehkan pungutan. Nah itu masih abu-abu, Kepala Dinasnya harus sering lakukan sosialisasi," ungkapnya.

Masih kata Zubair, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel harus menyosialisasikan mana sumbangan atau pungutan liar agar masyarakat tidak salah mengartikan.

"Ya kebanyakan, bukan bias ya. Misalnya, komite sekolah karena pada saat memahami boleh mungut sumbangan, karena Permendikbud seperti itu. Tapi pada saat kenyataan di lapangan masyarakat menganggapnya sebagai pungutan. Makanya itu yang harus Dinas Pendidikan benahi," tutur Zubair.

Dari beberapa laporan pungutan di lingkup pendidikan, Zubair memerintahkan kepada sekolah untuk memulangkan hasil pungutan.

"Ada yang kalau memang kita anggap pungutan dan segala macam harus dipulangkan. Tapi kalau misalnya masih abu-abu antara sumbangan dan sebaginya saya minta Dinas Pendidikan membuat SOP yang jelas," paparnya. [ars]

Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds