Vaksinasi Booster Perdana, 40 Ribu Lansia Di Kota Tangerang Diprioritaskan

Kesehatan  RABU, 12 JANUARI 2022 , 17:07:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Vaksinasi Booster Perdana, 40 Ribu Lansia Di Kota Tangerang Diprioritaskan

Lansia di Kota Tangerang disuntik vaksin booster/AUL

RMOLBANTEN. Pemkot Tangerang mulai melaksanakan vaksinasi booster untuk masyarakat lanjut usia (lansia).

Penyuntikan vaksin booster tersebut dilakukan di Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Rabu (12/1).
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, saat ini vaksinasi booster diprioritaskan untuk lansia berusia 60 tahun ke atas.

"Memang yang diprioritaskan untuk lansia usia 60 tahun ke atas terlebih dahulu untuk vaksin dosis ketiga ini," ujar Arief.

Adapun, kriteria lansia yang bisa menerima vaksin booster ini yakni yang telah menjalani vaksinasi dosis kedua selama enam bulan.

"Atau dengan kata lain yang sudah divaksin sebelum bulan Juli 2021 lalu," jelasnya.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan mulai hari ini vaksinasi booster sudah bisa digelar. Target sasaran berdasarkan data per 11 Juli 2021, lansia yang sudah dosis lengkap ialah 40 ribu lansia. Saat ini, Dinkes memiliki stok vaksin 506 vial Pfizer yang dapat digunakan sebagai booster.

Jika dosis satu Sinovac dosis dua Sinovac maka boosternya bisa Pfizer dan Astrazeneca. Jika vaksin dosis satu Astrazeneca dan dosis dua Astrazeneca maka boosternya Moderna. Dengan ketersediaan yang ada yaitu Pfizer, maka kita akan luluskan skrining lansia yang vaksinnya Sinovac Sinovac,” papar dr Dini.

Ia pun menjelaskan, Puskesmas Panunggangan Barat menjadi perdana, selanjutnya dapat digelar di 38 Puskesmas, dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin dan prioritas adalah kategori lansia (diatas 60 th)  Namun dipastikan, vaksinasi booster dapat diterima seluruh masyarakat Kota Tangerang dengan gratis atau tidak berbayar.

Puskesmas membutuhkan persiapan lebih dulu, tapi pastinya lansia bisa langsung datang ke Puskesmas untuk menerima vaksin booster ini. Kita yang muda-muda atau dibawah 60 tahun, diharapkan lebih bersabar. Kita dahulukan orangtua kita, jaga prokes sambil menunggu ketersediaan vaksin dan aplikasi pcare yang terbuka untuk usia dibawah 60,” pungkas Dini. [ars]


Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds